6 Alasan Puasa Ramadhan Membawa Kebahagiaan

Perasaan bahagia secara alami muncul saat seseorang menyelesaikan suatu tugas.

Republika/Thoudy Badai
6 Alasan Puasa Ramadhan Membawa Kebahagiaan
Rep: Meiliza Laveda Red: Ani Nursalikah

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bulan suci Ramadhan sudah tiba dan umat Islam mulai menunaikan ibadah puasa. Terkadang, ketika berpuasa, badan terasa lemas. Padahal, puasa membuat Anda sehat dan bahagia.

Baca Juga

Rasulullah menggambarkan kondisi ini dalam salah satu haditsnya. Rasulullah bersabda, “Bagi orang yang berpuasa akan mendapatkan dua kebahagiaan yaitu kebahagiaan ketika dia berbuka dan kebahagiaan ketika berjumpa dengan Rabbnya,” (HR Bukhari).

Selama berpuasa, ada banyak alasan yang membuat Anda berbahagia selama puasa. Berikut enam alasan seperti yang dilansir About Islam, Selasa (13/4):

Bahagia karena telah menyelesaikan puasa

Perasaan bahagia secara alami muncul saat seseorang menyelesaikan suatu tugas. Sama halnya ketika berbuka puasa, seseorang berbahagia karena Allah telah mengizinkan menyelesaikan ibadah puasa pada hari itu. Allah berfirman dalam surat an-Nahl ayat 53:

وَمَا بِكُم مِّن نِّعْمَةٍ فَمِنَ ٱللَّهِ ۖ ثُمَّ إِذَا مَسَّكُمُ ٱلضُّرُّ فَإِلَيْهِ تَجْـَٔرُونَ

Wa mā bikum min ni'matin fa minallāhi ṡumma iżā massakumuḍ-ḍurru fa ilaihi taj'arụn.

“Dan segala nikmat yang ada padamu (datangnya) dari Allah, kemudian apabila kamu ditimpa kesengsaraan, maka kepada-Nyalah kamu meminta pertolongan.”

Bahagia mendapat imbalan

Puasa adalah ibadah yang datang dengan pahala yang tidak terbatas. Itu saja sudah menjadi penyebab kebahagiaan bagi seseorang yang berpuasa.

Dari Abu Hurairah r.a. Rasulullah saw bersabda, “Allah 'Azzawajalla berfirman dalam hadits qudsi: Semua amal perbuatan anak Adam-yakni manusia- itu adalah untuknya, melainkan berpuasa, karena sesungguhnya puasa itu adalah untuk-Ku dan Aku yang akan memberikan balasan dengannya,” (HR Bukhari).

Bahagia karena sehat

Secara alami, kesehatan seseorang berkontribusi pada kebahagiaan mereka. Puasa dapat meningkatkan kekuatan hati dan jiwa.

Selain itu, ada banyak manfaat kesehatan bagi tubuh yang dirasakan seperti yang dibuktikan dalam banyak penelitian. Adanya peningkatan gabungan kesehatan yang baik untuk tubuh, hati, dan jiwa menambah kebahagiaan orang tersebut.

Bahagia karena keinginan diberikan

Saat berbuka puasa, ada saat di mana doa terkabul. Ini adalah kesempatan untuk meminta apa pun yang menyenangkan seseorang di dunia dan di akhirat.

Ibn Umar berkata, “Dulu dikatakan setiap Mukmin selalu ada doa yang terkabul pada saat berbuka puasa. Itu akan terpenuhi untuknya di dunia ini atau disimpan untuknya di akhirat,” (Cabang Iman, al-Bayhaqi- Hasan).

Bahagia karena kebebasan

Saat matahari terbenam dan malam dimulai, seseorang senang mendapat kesempatan untuk dibebaskan dari api neraka. Ini bisa menjadi malam saat seseorang dibebaskan.

Setiap malam bulan Ramadhan kebebasan diberikan. Rasulullah bersabda, “Allah membebaskan manusia dari api, dan itu terjadi di setiap malam,” (Sahih al-Jami').

Pola pikir orang yang berpuasa

Seseorang yang bertujuan bahagia akan menyadari tuntunannya. Orang ini pada saat puasa akan memiliki pandangan yang berbeda terhadap puasa dibandingkan dengan orang yang mengabaikan kebahagiaan dalam berpuasa.

Orang yang tahu tuntunannya, dia di siang hari tidak akan mengeluh tentang lamanya puasa karena dia  menantikan momen kebahagiaan saat berbuka nanti. Orang yang berpuasa tidak akan merasa kehilangan makanan, minuman, atau hubungan seksual karena kebahagiaan dari pahala yang tidak terbatas menghilangkan pikiran tersebut.

Salah satu cara terbaik mempersiapkan Ramadhan adalah dengan fokus pada kebahagiaan yang ditimbulkan oleh puasa. Allah berfirman dalam surat Yunus ayat 58:

قُلْ بِفَضْلِ اللّٰهِ وَبِرَحْمَتِهٖ فَبِذٰلِكَ فَلْيَفْرَحُوْاۗ هُوَ خَيْرٌ مِّمَّا يَجْمَعُوْنَ

Qul bifaḍlillāhi wa biraḥmatihī fa biżālika falyafraḥụ, huwa khairum mimmā yajma'ụn.

“Katakanlah (Muhammad), “Dengan karunia Allah dan rahmat-Nya, hendaklah dengan itu mereka bergembira. Itu lebih baik daripada apa yang mereka kumpulkan.” 

Link artikel asli

 
Berita Terpopuler