Aksi Polisi Peduli Lingkungan di Cirebon Angkut Tumpukan Sampah

Polisi bersama elemen lainnya membersihkan sampah di jalan sekitar terowongan kereta.

Dok Humas Polresta Cirebon
Ratusan personel Polresta Cirebon bergotong royong bersama warga membersihkan sampah yang menumpuk di jalan sekitar terowongan kereta api di Desa Mertapada Wetan, Kecamatan Astanajapura, Kabupaten Cirebon, Kamis (13/7/2023).
Rep: Lilis Sri Handayani Red: Irfan Fitrat

REPUBLIKA.CO.ID, CIREBON — Ratusan personel Polresta Cirebon dikerahkan untuk bergotong royong bersama warga melakukan aksi bersih-bersih, Kamis (13/7/2023). Kegiatan itu menyasar tumpukan sampah di jalan sekitar terowongan kereta api wilayah Desa Mertapada Wetan, Kecamatan Astanajapura, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat.

Baca Juga

Aksi Polisi Peduli Lingkungan itu dilaksanakan sejak pukul 08.00 WIB. Kepala Polresta (Kapolresta) Cirebon Kombes Pol Arif Budiman, melalui Wakil Kapolresta AKBP Dedy Darmawansyah, mengatakan, aksi bersih-bersih itu juga melibatkan jajaran TNI, pemerintah daerah, pemerintah kecamatan, desa, dan lainnya. 

“Pemilihan lokasi ini berdasarkan aduan masyarakat karena tumpukan sampahnya mengganggu kelancaran arus lalu lintas kendaraan,” kata dia.

Sampah itu menumpuk, bahkan sampai memenuhi bahu jalan di sekitar terowongan kereta api di kawasan tersebut. Dari hasil kegiatan bersih-bersih itu terkumpul sampah hingga mencapai lima truk.

“Dari laporan yang kami terima, sampah yang menumpuk di kawasan ini belum setahun, tapi kami bertindak cepat untuk membersihkannya,” ujar Dedy.

 

Sampah yang menumpuk diangkut ke atas truk. - (Dok Humas Polresta Cirebon)

 

Dedy mengatakan, aksi Polisi Peduli Lingkungan ini juga dilaksanakan secara serentak oleh 27 polsek jajaran Polresta Cirebon. Jadi, pada Kamis ini kegiatan gotong royong bersih-bersih lingkungan itu dilakukan di 28 titik wilayah hukum Polresta Cirebon.

Menurut Dedy, kegiatan tersebut merupakan salah satu wujud kepedulian Polri terhadap kebersihan lingkungan. Diharapkan jajaran Polri, khususnya Polresta Cirebon, turut berkontribusi dalam upaya menjaga kebersihan lingkungan sekitar.

 

 
Berita Terpopuler