Titanic Jadi Film Terlaris Ke-3, Ini Nasib Rose Setelah Ditinggal Mati Jack

Setelah tenggelamnya Titanic di film, Rose membuat perubahan dalam hidupnya.

20th Century Studios/Paramount Pictures
Karakter Rose (kiri) dan Jack (kanan) di film Titanic. Tak banyak orang menyadari kelanjutan nasib Rose setelah ditinggal oleh Jack.
Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani Red: Qommarria Rostanti

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sudah lebih dari dua dekade sejak film Titanic pada 1997, itu terus menjadi salah satu film terbesar dan tersukses yang pernah dibuat. Romansa antara Rose (Kate Winslet) dan Jack (Leonardo DiCaprio) di atas kapal yang terkenal itu masih menjadi salah satu kisah cinta paling dicintai dalam sejarah perfilman.

Baca Juga

Film terlaris sepanjang masa ketiga karya James Cameron ini meraup pendapatan sekitar Rp 33,17 triliun. Dalam film Titanic dikisahkan bahwa Rose DeWitt Bukater berusia 17 tahun ketika dia menaiki Titanic bersama tunangannya, Cal Hockley (Billy Zane), dan ibunya, Ruth (Frances Fisher).

Rose berasal dari keluarga kaya, tetapi mereka mengalami masalah keuangan yang akan membuat mereka kehilangan status kelas atas mereka, jadi penting bagi Ruth bahwa Rose menikah dengan Hockley. Kehidupan Rose berubah total setelah bertemu Jack. Setelah tenggelamnya Titanic, dia membuat perubahan dalam hidupnya. Inilah yang diketahui tentang hidupnya setelah malam yang traumatis itu:

1. Rose mengubah nama belakangnya menjadi “Dawson”

Dilansir laman Screen Rant pada pekan lalu, Rose menjadi salah satu penumpang yang diselamatkan dari air setelah tenggelamnya Titanic. Dia orang selamat yang kemudian diselamatkan oleh RMS Carpathia.

Begitu di Carpathia, Rose bersembunyi di antara penumpang geladak untuk menghindari Hockley, yang dilihatnya berkeliling mencarinya. Ketika seorang petugas menanyakan namanya, Rose mengubahnya menjadi “Rose Dawson” untuk menghormati ingatan Jack dan selanjutnya menghindari ditemukan oleh Hockley dan Ruth. Nama Rose berubah lagi bertahun-tahun kemudian setelah dia menikah, tetapi tidak pernah melupakan Jack dan romansa mereka.

2. Rose tidak pernah menghubungi ibunya dan Hockley lagi

Titanic menunjukkan sekilas Hockley memanipulasi dan menyalahgunakan Rose, jadi tidak mengherankan jika Rose memutuskan untuk tidak menghubungi dia dan ibunya setelah tenggelamnya kapal itu. Seperti disebutkan di atas, Rose bersembunyi dari Hockley ketika dia mencarinya di antara penumpang, dan itu menyiratkan bahwa dia tidak pernah bertemu kembali dengan ibunya.

Namun, dan menghubungkan ke poin di atas, tidak mungkin dia bisa bersembunyi lama dari mereka. Telah ditunjukkan di forum dan media sosial bahwa Hockley dan Ruth akan melihat “Rose Dawson” di daftar orang yang selamat, yang diterbitkan beberapa hari kemudian, meskipun mungkin juga mereka tidak mengingat nama belakang Jack. Citra publik Rose bertahun-tahun kemudian juga akan membuatnya sulit untuk bersembunyi dari mereka, tetapi sepertinya dia masih berhasil menjauh dari mereka.

3. Rose menjadi seorang aktris sukses

Rose menemukan cara untuk menghidupi dirinya sendiri. Terungkap di awal Titanic, ketika dia akan bergabung dengan Brock Lovett dan krunya, bahwa Rose adalah seorang aktris di tahun 1920-an, dan dia terus menggunakan nama “Rose Dawson” selama karier aktingnya. Ini, bersama dengan “Rose DeWitt Bukater” yang terdaftar sebagai salah satu korban tenggelamnya Titanic, membuat salah satu kru Lovett percaya bahwa Rose bukanlah seperti yang dia klaim.

Rose menikah dengan...lanjutkan membaca>>

 

4. Rose menikah dengan pria bernama Calvert

Rose menikah dengan seorang pria bernama Calvert dan pindah ke Cedar Rapids, dan itulah satu-satunya informasi yang ada tentang suaminya. Tuan Calvert meninggal sebelum Rose bertemu Lovett dan kawan-kawan. Tuan Calvert tidak pernah tahu tentang Jack, dia tidak terlihat di foto-foto tua yang diambil Rose bersamanya.

5. Rose punya anak dan cucu

Rose dan Tuan Calvert memiliki anak, meskipun tidak jelas berapa banyak, dan hanya disebutkan bahwa dia “mengungkapkan beberapa anak”. Rose juga seorang nenek, meski berapa banyak cucunya juga tidak diketahui.

Salah satunya Elizabeth (yang dia panggil “Lizzie”), menemaninya ke kapal penelitian untuk bertemu Lovett dan krunya, serta menjadi satu-satunya anggota keluarga yang mengetahui tentang keberadaan Jack Dawson dan kisah asmara dengan Rose.

6. Rose menunggang kuda di pantai

Ketika Rose dan Jack mulai mengenal satu sama lain, Rose mengatakan dia ingin sekali bebas seperti Jack dan membayangkan mereka pergi ke dermaga Santa Monica, tempat Jack biasa membuat potret untuk mencari nafkah. Jack mengatakan mereka akan minum bir murah, naik roller coaster sampai mereka sakit, dan menunggang kuda di pantai, tetapi dia harus melakukannya “seperti koboi sungguhan, tidak ada barang pelana samping”.

Foto-foto yang dibawa Rose bersamanya ke Keldysh ditampilkan di akhir Titanic. Salah satu fotonya adalah Rose muda menunggang kuda di pantai seperti koboi, dengan dermaga dan roller coaster di latar belakang foto itu, jadi dia memenuhi satu rencana yang dia buat dengan Jack.

Rose menerbangkan pesawat...lanjutkan membaca>> 

7. Rose menerbangkan pesawat

Salah satu foto menunjukkan Rose di samping sebuah pesawat. Itu menampilkan bahwa Rose muda memiliki kesempatan untuk menerbangkan pesawat di beberapa titik.

Foto tersebut telah ditafsirkan sebagai rujukan ke lagu Jack dan Rose “Come Josephine in My Flying Machine” sehingga juga menghubungkan ingatan ini dengan Jack, meski dengan cara yang lebih halus dan bahkan ambigu.

8. Rose memancing di es

Menunggang kuda di pantai ala koboi bukan satu-satunya kegiatan yang dilakukan Rose pasca tragedi Titanic yang terkait langsung dengan kisahnya bersama Jack. Ketika Rose dan Jack pertama kali bertemu (yaitu ketika dia benar-benar menyelamatkan hidupnya), Jack menyebutkan pergi memancing di es di kampung halamannya, dan ini tetap dalam ingatan Rose selama bertahun-tahun. Salah satu foto di akhir Titanic menunjukkan bahwa Rose pernah pergi memancing, merujuk pada percakapannya tentang memancing di es dengan Jack.

 

 
Berita Terpopuler