Terungkap, India Pasok Senjata ke Israel untuk Bombardir Jalur Gaza

Rudal 'made in India' ditemukan di reruntuhan di Nuseirat.

EPA-EFE/MOHAMMED SABER
Seorang warga Palestina membersihkan puing-puing di sekolah UNRWA yang hancur akibat serangan udara Israel di Nusairat di Jalur Gaza, 6 Juni 2024. Bom buatan India disebut dipakai Israel dalam serangan itu.
Red: Fitriyan Zamzami

REPUBLIKA.CO.ID, MADRID – Bahan peledak dan sejumlah alutsista yang digunakan Israel membombardir Jalur Gaza dan menewaskan lebih dari 37 ribu orang diketahui sebagian berasal dari India. Hal itu terungkap dari dokumen perjalanan kapal dari India melintasi Eropa pada 15 Mei lalu.

Kapal kargo bernama Borkum tersebut sedianya berencana bersandar di Cartagena, Spanyol pada tanggal itu. Namun sejumlah aktivis pro-Palestina melakukan unjuk rasa karena sudah mencurigai kedatangan kapal kargo tersebut. Mereka mendesak pemerintah Spanyol menolak izin bersandar tersebut. Pada akhirnya, kapal itu langsung menuju pelabuhan Koper di Slovenia. 

Menurut dokumen yang dilansir Aljazirah, kapal tersebut berisi bahan peledak yang dimuat di India dan menuju ke pelabuhan Ashdod di Israel, sekitar 30 kilometer dari Jalur Gaza. Situs pelacakan laut menunjukkan kapal tersebut berangkat dari Chennai di India tenggara pada 2 April dan memutari Afrika untuk menghindari transit melalui Laut Merah, tempat kelompok Houthi Yaman menyerang kapal-kapal menuju Israel.

Kode identifikasi yang ditentukan dalam dokumentasi, yang diperoleh secara tidak resmi oleh Jaringan Solidaritas Melawan Pendudukan Palestina (RESCOP), menunjukkan bahwa Borkum berisi 20 ton mesin roket, 12,5 ton roket dengan bahan peledak, 1.500 kilogram (kg) bahan peledak dan 740 kg muatan dan propelan untuk meriam.

Sebuah paragraf mengenai kerahasiaan menetapkan bahwa semua karyawan, konsultan, atau pihak terkait lainnya diberi mandat bahwa “dalam keadaan apapun” mereka tidak boleh menyebutkan nama IMI Systems atau Israel. IMI Systems adalah sebuah perusahaan pertahanan, dibeli oleh Elbit Systems, produsen senjata terbesar Israel, pada tahun 2018.

Manajer komersial kapal tersebut, perusahaan Jerman MLB Manfred Lauterjung Befruchtung, mengatakan kepada Aljazirah dalam sebuah pernyataan bahwa “kapal tersebut tidak memuat senjata atau kargo apapun untuk tujuan Israel”.

Kapal kargo kedua yang meninggalkan India ditolak masuk pada 21 Mei ke pelabuhan Cartagena. Surat kabar Spanyol El Pais melaporkan bahwa Marianne Danica berangkat dari pelabuhan Chennai di India dan sedang dalam perjalanan ke pelabuhan Haifa di Israel dengan muatan 27 ton bahan peledak. Menteri Luar Negeri Jose Manuel Albares mengonfirmasi dalam konferensi pers bahwa kapal tersebut ditolak masuk dengan alasan mengirimkan kargo militer ke Israel.

Insiden-insiden ini menambah banyak bukti bahwa suku cadang senjata dari India, negara yang telah lama menganjurkan dialog mengenai tindakan militer dalam menyelesaikan konflik, secara diam-diam dikirim ke Israel. Pengiriman ini berlangsung termasuk selama perang yang telah berlangsung selama berbulan-bulan di Gaza. Kurangnya transparansi mengenai transfer dana India membantu mereka luput dari perhatian, kata para analis.

Zain Hussain, peneliti di Stockholm International Peace Research Institute (SIPRI), mengatakan kepada Aljazirah bahwa “kurangnya informasi yang dapat diverifikasi membuat sulit untuk menentukan apakah transfer telah terjadi”.

Namun “kolaborasi antara India dan Israel telah terjadi selama beberapa tahun”, kata Hussain, oleh karena itu “bukan tidak mungkin beberapa komponen buatan India digunakan oleh Israel [dalam perangnya di Gaza]”.

Made in India

Pada 6 Juni, setelah pemboman Israel terhadap tempat perlindungan PBB di kamp pengungsi Nuseirat di Gaza, Quds News Network merilis video sisa-sisa rudal yang dijatuhkan oleh pesawat tempur Israel. Di tengah-tengah bagian yang kusut, sebuah label bertuliskan dengan jelas: “Made in India.”

Hussain, yang meneliti transfer senjata konvensional di lembaga pemikir yang berbasis di Stockholm, mengatakan bahwa video tersebut memerlukan penyelidikan lebih lanjut tetapi mengamati bahwa sebagian besar kolaborasi antara India dan Israel diketahui berkisar pada produksi rudal, khususnya rudal permukaan ke udara Barak. 

Menurut SIPRI, perusahaan India Premier Explosives Limited membuat propelan padat – yang merupakan bagian penting dari motor roket, tetapi tidak keseluruhan motornya – untuk rudal MRSAM dan LRSAM. Ini adalah sebutan India untuk rudal permukaan-ke-udara jarak menengah dan jauh Barak rancangan Israel.

Direktur eksekutif perusahaan tersebut, T Chowdary, mengakui melakukan ekspor ke Israel di tengah perang yang sedang terjadi di Gaza, dalam sebuah konferensi telepon pada tanggal 31 Maret. “Kami telah menerima pendapatan yang tertunda dari pesanan ekspor Israel, dan ini telah menunjukkan lonjakan eksponensial dalam jumlah pendapatan kuartal ini,” katanya kepada investor, menurut risalah rapat. “Kami dengan senang hati mengumumkan bahwa kami memiliki pendapatan kuartalan tertinggi yang pernah ada.”

Pada kesempatan itu, Chowdary memperkenalkan Premier Explosives Limited sebagai “satu-satunya perusahaan India yang berspesialisasi dalam ekspor motor roket rakitan lengkap”. Selain itu, dia mengatakan perusahaannya telah mulai memproduksi ranjau dan amunisi serta mulai mengekspor bahan peledak RDX dan HMX, yang biasa digunakan dalam sistem persenjataan militer.

Dalam tinjauannya pada Januari 2024, perusahaan tersebut mencatatkan ekspor ke Israel di sektor “pertahanan dan luar angkasa”, yang menurut SIPRI kemungkinan besar mencakup propelan untuk rudal Barak. Premier Explosives tidak menanggapi permintaan komentar. Menurut SIPRI, komponen India tersebut dapat digunakan untuk rudal Barak yang kemudian juga diekspor kembali oleh Israel.

Drone buatan India... baca halaman selanjutnya

 

Kolaborasi India dengan Israel lebih dari sekadar penggunaan roket. Pada Desember 2018, Adani Defense & Aerospace – cabang pertahanan dari perusahaan induk multinasional India Adani Enterprises Ltd – dan Elbit Systems Israel meresmikan Kompleks Kendaraan Udara Tak Berawak (UAV) Adani Elbit di Hyderabad.

Fasilitas tersebut disajikan dalam pernyataan bersama sebagai “yang pertama di luar Israel yang memproduksi UAV Hermes 900 Medium Altitude Long Endurance”, yang dapat terbang hingga 36 jam pada ketinggian 9.000 meter.

“Pabrik akan memulai operasinya dengan pembuatan struktur aero komposit karbon lengkap untuk Hermes 900, diikuti oleh Hermes 450,” tambah pernyataan itu. Kedua drone tersebut dapat dilengkapi dengan peluru kendali antitank, menurut inventaris drone dari lembaga pemikir pertahanan terkemuka Inggris, Royal United Services Institute (RUSI).

“Produksi drone Hermes sama pentingnya bagi India dan Israel,” kata Hussain dari SIPRI. “Bagi Israel, itu berarti mereka mempunyai pabrik di luar negeri. Bagi India, ini soal transfer teknologi, sehingga bisa juga memproduksi drone berdasarkan model Israel.”

Awal tahun ini, India mengumumkan drone buatan dalam negeri dengan daya tahan jangka panjang dan ketinggian menengah pertama, Drishti 10 Starliner, yang dibuat berdasarkan model Hermes. Pabrik tersebut saat ini memproduksi UAV, termasuk untuk pengiriman ke Israel, menurut SIPRI, namun India belum mengungkapkan informasi apapun tentang transfer tersebut.

Israel diketahui secara sistematis menggunakan drone saat melancarkan perang di Gaza, yang telah menewaskan lebih dari 37.000 orang, sebagian besar adalah wanita dan anak-anak. Pada bulan November, setelah serangan Hamas pada tanggal 7 Oktober, wakil CEO Elbit Joseph Gaspar mengatakan perusahaannya telah bekerja “sepanjang waktu” untuk memenuhi permintaan militer Israel.

Seorang tentara Israel bersiap meluncurkan kendaraan udara tak berawak (UAV, atau drone) di posisi yang dirahasiakan di dekat pagar perbatasan dengan Jalur Gaza (latar belakang), di Israel selatan, 12 Mei 2024. - (EPA-EFE/ATEF SAFADI)

Penggunaan drone Hermes juga telah didokumentasikan oleh Human Rights Watch (HRW) dan organisasi lain dalam konflik sebelumnya di Gaza. Awal bulan ini, pejuang Hizbullah Lebanon mengatakan mereka menembak jatuh drone bersenjata Hermes 900 di wilayah udaranya. Sejak Oktober, serangan Israel di Lebanon telah menewaskan lebih dari 400 orang, termasuk lebih dari 70 warga sipil.

“Jika kita melihat drone Hermes digunakan di Gaza, itu belum tentu berasal dari India,” karena Israel juga memproduksinya sendiri, kata Hussein dari SIPRI. Namun kemungkinan bahwa India telah mulai mengekspor drone sesuai ketentuan perjanjian dan bahwa drone tersebut saat ini digunakan untuk melawan penduduk Palestina di Jalur Gaza yang terkepung tidak dapat dikesampingkan, tambahnya.

Elbit Systems tidak menanggapi permintaan komentar Aljazirah. Grup Adani, yang mencakup Adani Defense & Aerospace, mengatakan kepada Aljazirah dalam sebuah pernyataan bahwa perusahaan tersebut mengekspor sejumlah kecil UAV untuk operasi non-tempur.

“Kami tegaskan kembali bahwa drone ini dibuat untuk pengawasan dan pengintaian dan tidak dapat digunakan untuk peran penyerangan,” katanya. “Kami dengan tegas menyangkal telah mengekspor UAV apapun ke Israel sejak 7 Oktober 2023.”

 
Berita Terpopuler