Kondisi Sebenarnya Pasukan Zionis Israel Ini tak akan Diumbar ke Publik

Pasukan Zionis Israel menghadapi tekanan kejiwaan hingga bunuh diri

AP Photo/ Ohad Zwigenberg
Tentara Israel saat pemakaman rekannya yang tewas dalam pertempuran di Jalur Gaza di pemakaman militer Mount Herzl di Yerusalem, Selasa, 11 Juni 2024.
Red: Nashih Nashrullah

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Lebih dari 250 hari sejak meletusnya agresi Israel terhadap Palestina di Gaza, tentara pendudukan Israel perlahan-lahan mengungkap masalah-masalah yang membunuh para tentaranya, serta faktor-faktor lain yang membatasi kemampuan mereka untuk mencapai tujuan-tujuan yang telah ditetapkan.

Baca Juga

Dalam artikel bertajuk The Occupation Army Is Being Affected Seriously By Suicide, Low Morale And Mental Illness yang diterbitkan middleeasmonitor, kolumnis Aziz Mustafa berbicara tentang meningkatnya jumlah kasus bunuh diri, masalah psikologis yang serius, dan moral yang rendah. Gangguan stres pascatrauma (PTSD) adalah masalah yang nyata.

Tentara rupanya telah membuka penyelidikan terhadap fenomena bunuh diri di kalangan tentaranya, karena mereka tidak mampu mengatasinya secara memadai.

Ini adalah gejala dari penyakit mental yang mempengaruhi semakin banyak tentara Israel, dan bukan hanya di antara jajaran lainnya.

Setidaknya seorang letnan kolonel telah melakukan bunuh diri, mendorong kepala Pusat Studi Bunuh Diri dan Sakit Mental Lior Tsfaty, Profesor Yossi Levi-Belz, mengatakan bahwa masalah ini sangat mengejutkan karena mereka tidak terbiasa dengan hal itu selama pertempuran, meskipun itu termasuk mereka yang menderita PTSD, yang terbangun setiap pagi karena berbagai pemandangan, suara, dan perasaan bersalah.

Tetapi pihak militer menolak untuk mempublikasikan nama-nama tentara dan perwira yang telah melakukan bunuh diri dan merahasiakannya.

Namun demikian, kita tahu bahwa antara 1973 dan 2024, 1.227 tentara Israel melakukan bunuh diri berdasarkan catatan resmi, tetapi jumlah sebenarnya diyakini jauh lebih tinggi.

Beberapa pihak mengklaim bahwa tentara menutup-nutupi jumlah pastinya. Keinginan untuk berperang telah runtuh, meskipun kehancuran telah terjadi di Gaza.

Moralitas rendah

Tentara mulai goyah antara semangat militer yang memburuk dan keinginan untuk membelot. Dengan semakin banyaknya yang tidak mau bertugas di wilayah Palestina yang diduduki, termasuk Gaza, Israel menghadapi keruntuhan pasukan cadangannya dalam waktu dekat.

 

Frustrasi dan kecemasan menyebar di antara para prajurit, yang menyebabkan hilangnya kesiapan tempur, moral yang rendah, serta rasa takut dan putus asa yang mendalam.

Tentara Israel telah menemukan di Gaza bahwa meskipun mereka memiliki peralatan yang unggul dan pelatihan yang intensif, mereka telah menjadi sasaran empuk bagi para pejuang perlawanan.

Jelas terlihat dari persentase tentara yang terbunuh dalam pertempuran bahwa kehidupan mereka di dalam tank telah menjadi neraka yang tak tertahankan.

Perintah mereka termasuk tetap berada di dalam tank sepanjang waktu, dan mereka bahkan tidak boleh melihat keluar dari tank untuk berjaga-jaga jika ditembak oleh penembak jitu. Jangan tanya bagaimana mereka pergi ke toilet.

Selain itu, tentara pendudukan kehilangan tingkat kepercayaan publik yang tinggi yang telah dinikmati selama beberapa dekade.

Kepercayaan terhadap kepemimpinan tentara telah terkikis sejak perang dimulai di Gaza, turun secara signifikan dari 75 persen pada Maret menjadi 59 persen pada awal Mei, sementara 70 persen warga Israel tampaknya percaya bahwa Kepala Staf Jenderal Herzl Halevi harus mengundurkan diri karena kegagalan keamanannya pada tanggal 7 Oktober.

Hal ini menjadi perhatian utama bagi tentara, yang menganggap tugas mempertahankan posisinya di hati warga Israel sebagai tugas resmi.

Masalahnya belum terbantu dengan kegagalannya di Gaza, dan tentara yang kembali dari garis depan membuat komentar negatif, sehingga meningkatkan dampak kegagalannya pada citranya yang tadinya dipoles dengan baik.

Semakin banyak warga Israel yang tidak lagi percaya bahwa "Pasukan Pertahanan Israel" adalah yang terkuat di wilayah tersebut. Sebaliknya, mereka kurang optimis dengan kemampuan pasukan, yang membuatnya sulit untuk meningkatkan moral di dalam barisan dan memenangkan perang Gaza.

Para perwira senior sekarang takut akan hilangnya kredibilitas tentara. Yang lebih berbahaya lagi adalah bahwa mereka tidak lagi memiliki otoritas "moral" untuk mengirim tentara ke medan perang setelah kegagalan intelijen Oktober lalu.

Krisis kepercayaan terhadap tentara pendudukan terlihat jelas, bukan pada suara-suara kritis di luar negeri, meskipun ada banyak, tetapi pada mereka yang berada di dalam institusi tersebut.

 

Sekelompok perwira cadangan senior yang berpangkat brigadir jenderal ke atas menginginkan penyelidikan eksternal atas kegagalan perang di Gaza, karena mereka melihat dengan mata kepala sendiri bahwa ada kesalahan-kesalahan yang sangat serius yang telah dilakukan, yang akibatnya negara pendudukan harus membayar mahal.

Terkikisnya kekebalan militer dari kritik publik dalam beberapa bulan terakhir ini merupakan isu penting, karena hal itu mengubah hubungan yang sudah lama terjalin dengan masyarakat Israel yang lebih luas. Hingga beberapa tahun yang lalu, tentara merupakan "sapi suci" yang tidak akan dikritik atau dirusak oleh warga Israel dengan cara apa pun.

Selama delapan bulan terakhir perang di Gaza, masalah psikologis telah meningkat secara signifikan di antara personel militer.

Data menunjukkan bahwa dalam beberapa bulan terakhir telah terjadi peningkatan jumlah yang mengkhawatirkan pada mereka yang menerima layanan psikologis.

Sampai-sampai para pejabat dari divisi sumber daya manusia militer menyatakan bahwa "masalah psikologis" telah menjadi jalan keluar yang nyaman bagi warga untuk menghindari dinas militer.

Perlu dicatat bahwa di antara gangguan-gangguan yang diderita para tentara Israel adalah kesepian dan keterasingan, keterpisahan paksa dengan sanak keluarga, kurang makan, minum dan tidur, dan tekanan yang luar biasa akibat ketidakmampuan mereka untuk memprediksi taktik-taktik gerilya, yang menyulitkan mereka untuk mengantisipasi waktu dan tempat penyerangan atau penyergapan berikutnya.

Mereka juga menjadi terbebani oleh tekanan-tekanan tempur lainnya, sampai-sampai pertahanan psikologis mereka menjadi lemah, dan kemudian terjadi gangguan psikologis, bersamaan dengan insomnia, penarikan diri, kebingungan, paranoid, ketidakpercayaan, perasaan teraniaya, dan eskalasi masalah-masalah sosial dan psikologis yang meningkat secara eksponensial.

Sementara perang Gaza telah membebankan biaya yang besar kepada Israel dalam hal korban jiwa dan cedera fisik, gangguan psikologis telah menyebabkan ribuan tentara mencari pengobatan. Karena stres pasca-trauma, orang-orang mulai hidup dalam keadaan terisolasi secara psikologis, dengan fenomena tangisan yang menyebar di antara para tentara.

Banyak yang menggunakan jenis kekerasan yang paling parah untuk melampiaskan tekanan yang membuat mereka tertekan.

Sumber: middleeasmonitor 

Tumbangnya Narasi Israel - (Republika)

 
Berita Terpopuler