Dalam Islam Dianjurkan Sedekah dan Zakat, Ini Alasannya

Dalam Islam dianjurkan untuk berderma ataupun kewajiban berzakat.

Republika/Tahta Aidilla
Ilustrasi Sedekah
Rep: Imas Damayanti Red: Agung Sasongko

IHRAM.CO.ID,  JAKARTA – Dalam Islam dianjurkan untuk berderma ataupun kewajiban berzakat demi membersihkan harta. Sebab sesungguhnya, di dalam harta-harta yang dimiliki sejatinya ada hak orang lain yang terselip di dalamnya. 

Baca Juga

Untuk itu terdapat istilah bahwa harta bagi umat Islam adalah hanya amanah yang dititipkan oleh Allah kepada hamba-hamba-Nya yang mau mengerti.

Allah SWT berfirman dalam Alquran Surah Adz-Dzariyat ayat 19, “Wa fi amwaalihim haqqun lissaa-ili wal-mahrum,”. Yang artinya, “Dan pada harta-harta mereka ada hak untuk orang miskin yang meminta dan orang miskin yang tidak mendapat bagian,”.

Imam As-Suyuthi dalam kitab Asbabun Nuzul menyebutkan bahwa sebab turunnya ayat tersebut sebagaimana dijelaskan bahwa Ibnu Jarir dan Ibnu Hatim meriwayatkan dari Al-Hasan bin Muhammad bin Al-Hanafiyah, bahwa Rasulullah SAW mengutus prajurit perang.

Mereka kemudian mendapatkan kemenangan dan harta rampasan. Kemudian datanglah serombongan orang yang menyaksikan harta rampasan tersebut. Untuk itulah Allah SWT menurunkan firman-Nya dalam Surah Adz-Dzariyat ayat 19 tadi.

 

 
Berita Terpopuler