Oscar Bersedia Bermain Untuk Timnas Cina

Beberapa warga Brasil telah dinaturalisasi menjadi warga negara Cina.

REUTERS/Aly Song
Oscar yang kini bermain di Liga Super Cina.
Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi Red: Agung Sasongko

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Gelandang Shanghai SIPG, Oscar, telah menyatakan minatnya bermain untuk Timnas Cina. Pemain asal Brasil itu bersedia untuk pindah kewarganegaraan jika FIFA mengubah persyaratannya.

Baca Juga

"Sulit untuk pergi ke tim nasional Brasil sekarang karena saya di sini, tetapi di Cina semua orang melihat betapa bagusnya saya bermain," kata Oscar kepada CGTN, dikutip dari SCMP, Senin (27/7).

Mantan bintang Chelsea itu akan mencapai masa tinggal lima tahun di negara itu tahun depan tetapi tidak memenuhi syarat setelah bermain 47 kali untuk Brasil.

"Jika pada akhirnya, jika tim nasional Cina membutuhkan satu gelandang yang baik, maka saya dapat membantu jika mereka berubah. Saya suka Cina tapi saya pikir para pemain sekarang, jika mereka pergi untuk mengubah kewarganegaraan untuk pergi ke Cina, mereka bisa melakukan yang lebih baik juga," katanya.

Beberapa warga Brasil telah dinaturalisasi menjadi warga negara Cina dengan mantan rekan setimnya di Shanghai SIPG, Elkeson, menjadi yang pertama bermain untuk tim nasional. Yang lainnya mengikuti termasuk Ricardo Goulart, Alan dan Fernandinho, meskipun tidak ada yang diberikan izin internasional oleh FIFA.

Elkeson, sekarang dikenal sebagai Ai Kesen, memenuhi syarat untuk bermain untuk Cina karena ia telah mencapai residensi lima tahun di China untuk naturalisasi dan belum bermain di kompetisi internasional untuk Brasil.

Oscar, yang menandatangani kontrak untuk tim Liga Super China pada Desember 2016, telah bermain 47 kali untuk Brasil, mencetak gol 12 kali. Bahkan jika dia memilih untuk naturalisasi ketika dia memenuhi persyaratan tempat tinggal tahun depan dia akan tidak memenuhi syarat di bawah aturan FIFA saat ini.

Namun, dia belum bermain untuk tim nasional sejak November 2015, ketika dia masih di klub Liga Primer Inggris, Chelsea.

 
Berita Terpopuler