Setjen DPR Sebut Pemantauan Pemilu 2024 di Indonesia Diapresiasi Dunia

Para delegasi dunia juga kagum melihat para petugas di TPS.

Kamis , 15 Feb 2024, 20:42 WIB
Pemilu 2024 (ilustrasi)
Foto: Republika
Pemilu 2024 (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kepala Biro Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) Sekretariat Jenderal (Setjen) DPR RI Endah Tjahjani Dwirini menilai Program Pemantauan Pemilu atau 'Election Visit Program' (EVP) 2024 diapresiasi oleh para delegasi negara-negara di dunia setelah berjalan dengan sukses.

Dia mengatakan hal tersebut terlihat dari berbagai tingginya antusias para delegasi dunia mengikuti program ini sejak mereka tiba di tanah air. Mereka, kata dia, kagum terhadap rakyat Indonesia, terutama rakyat Bali, yang antusias menjalankan pesta demokrasi tersebut. 

Baca Juga

"Terlihat dari antusiasme delegasi yang sangat luar biasa dari hari pertama sejak kedatangan. Kemudian ada seminar mengenai sistem pemilu dan sistem demokrasi di Indonesia, kemudian peninjauan dan juga sampai melihat penghitungan suara," kata Endah dalam keterangan resmi yang diterima di Jakarta, Kamis (15/2/2024).

Dalam kegiatan tersebut, Endah turut mendampingi para observer dari delegasi negara sahabat untuk terjun langsung ke TPS. Menurutnya para delegasi observer tersebut sangat bahagia menjadi bagian dari proses demokrasi yang dinanti-nantikan oleh rakyat Indonesia.

Selain melihat antusias masyarakat yang turut menggunakan hak pilih, menurutnya para delegasi dunia juga kagum melihat para petugas di TPS. Pasalnya, kata dia, masyarakat Indonesia masih memiliki sifat gotong royong.

Seorang observer perwakilan dari Northern Illinois University (NIU) Amerika Serikat Eric Jones, turut mengapresiasi penyelenggaraan EVP 2024 di Bali, yang dinilainya mengasyikkan. Dia mengaku telah mendapatkan pembelajaran setelah melihat situasi sosial dan politik di Indonesia.

“Pemilu yang benar-benar terjadi sungguh mengasyikkan. Saya menaruh harapan besar pada demokrasi Indonesia dan pemilu. Dan Indonesia patut bangga dengan tradisi demokrasinya yang kuat,” kata Eric.

Senada dengan Eric, delegasi Parlemen Tanzania Elibarki Immanuel Kingu, mengucapkan selamat kepada Indonesia yang dinilainya sudah sukses menyelenggarakan salah satu pemilu terbesar di dunia, dengan kredibel, transparan, demokratis, dan damai. "Selamat Indonesia. Kami punya pelajaran yang bisa diambil dari kalian,” kata Elibarki.

Dalam penyelenggaraan EVP 2024, pemilu di Indonesia dipantau oleh 19 negara-negara sahabat dan tiga organisasi parlemen internasional. Mereka meninjau proses pemungutan dan penghitungan suara di tiga lokasi di Provinsi Bali, yaitu di Desa Panglipuran, di kawasan Jimbaran, dan di kawasan Garuda Wisnu Kencana.

 

Sumber : Antara