Anggota DPR Harap Pers Terus Ciptakan Demokrasi Bermartabat

Demokrasi yang bermartabat dapat diciptakan oleh insan pers dengan mengawal Pemilu.

Selasa , 13 Feb 2024, 01:05 WIB
Anggota Komisi I DPR RI Rudianto Tjen berharap segenap insan pers Tanah Air senantiasa mampu menciptakan demokrasi di Indonesia yang bermartabat. (ilustrasi)
Foto: Dok Dewan Pers
Anggota Komisi I DPR RI Rudianto Tjen berharap segenap insan pers Tanah Air senantiasa mampu menciptakan demokrasi di Indonesia yang bermartabat. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Anggota Komisi I DPR RI Rudianto Tjen berharap segenap insan pers Tanah Air senantiasa mampu menciptakan demokrasi di Indonesia yang bermartabat.

"Kita harapkan teman-teman insan pers bisa hadir untuk terus menciptakan demokrasi yang bermartabat di republik ini,” kata Rudi, sapaan akrab Rudianto Tjen dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Senin (12/2/2024).

Baca Juga

Hal tersebut dia sampaikan bertepatan dengan momentum peringatan Hari Pers Nasional 2024 pada 9 Februari. Rudi pun mengucapkan selamat Hari Pers Nasional kepada seluruh insan pers di Tanah Air.

Lebih lanjut Rudi menjelaskan demokrasi yang bermartabat dapat diciptakan oleh insan pers dengan mengawal Pemilu 2024 agar berlangsung dengan baik. Seluruh media massa, kata dia, sepatutnya menjaga agar pelaksanaan Pemilu 2024 berlangsung secara langsung, umum, bebas, dan rahasia (luber) dan jujur dan adil (jurdil).

Sebagai garda terdepan dalam penyebaran informasi, menurutnya, insan pers berperan menanggulangi pemberitaan palsu, hoaks, ataupun ujaran kebencian yang beredar di tengah masyarakat. "Karena informasi ini sifatnya dinamis, diperlukan kerja pers yang informatif, edukatif, dan inspiratif, sebagai rujukan terpercaya bagi masyarakat,” ucapnya.  

Rudi menilai insan pers juga berperan sebagai mitra strategis pemerintah dalam pembangunan daerah. Karya rekan-rekan insan pers, lanjut dia, menjadi referensi paling awal bagi pemerintah dalam pengambilan kebijakan.

Menurutnya, laporan pers yang cepat dan akurat terkait permasalahan publik yang ditemukan membantu pemerintah untuk segera mengetahui persoalan yang dihadapi masyarakat dan keputusan yang mesti diambil untuk menyelesaikannya.

Hari Pers Nasional diperingati pada 9 Februari setiap tahunnya dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Persatuan Wartawan Indonesia (PWI). Pada tahun ini HPN mengangkat tema "Mengawal Transisi Kepemimpinan Nasional dan Menjaga Keutuhan Bangsa".

Sumber : Antara