Ketua DPR Dukung Peningkatan Kerja Sama Indonesia-Jepang

Puan mengajak masyarakat Indonesia yang ada di Jepang membantu negara.

Kamis , 12 Oct 2023, 07:17 WIB
Ketua DPR RI Puan Maharani mendukung peningkatan kerja sama antara Indonesia dan Jepang di berbagai bidang, (ilustrasi).
Foto: DPR
Ketua DPR RI Puan Maharani mendukung peningkatan kerja sama antara Indonesia dan Jepang di berbagai bidang, (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua DPR RI Puan Maharani mendukung peningkatan kerja sama antara Indonesia dan Jepang di berbagai bidang pada masa mendatang.

"Sebagai Ketua DPR RI, saya terus mendukung upaya peningkatan hubungan Indonesia-Jepang agar lebih bermanfaat bagi rakyat kedua negara," kata Puan dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Rabu (11/10/2023) lalu.

Baca Juga

Hal itu disampaikannya saat bertemu dengan masyarakat Indonesia dalam peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-78 Kemerdekaan RI dan HUT Ke-78 TNI di Wisma Duta, KBRI Tokyo, Rabu siang waktu setempat. Sebab, kata dia, hubungan Indonesia dan Jepang sudah terjalin sejak lama, adapun hubungan diplomatik RI-Jepang sendiri sudah terbentuk 65 tahun.

"Kedua negara kita memang memiliki hubungan sejarah yang panjang dan sejarah sudah mencatat bahwa persahabatan Indonesia dengan Jepang tidak hanya terjalin di masa senang tetapi juga di masa sulit. Itu adalah sebuah ciri persahabatan yang baik," ujarnya.

Untuk itu, Puan mengajak masyarakat Indonesia yang ada di Jepang membantu negara meningkatkan hubungan antarmasyarakat (people to people contact), yang menjadi pilar penting dalam hubungan Indonesia dan Jepang selama ini.

"Masyarakat kedua negara kita selama ini sudah mengenal satu sama lain dengan sangat baik sehingga menjadi tugas kita untuk memenuhi keinginan rakyat dengan menguatkan hubungan kedua negara yang berorientasi pada kepentingan rakyatnya atau people oriented relations," katanya.

Puan menyebut dengan semakin kuatnya hubungan antara Indonesia dengan Jepang maka kedua negara memiliki kesempatan untuk menjadi motor penggerak kemajuan ekonomi Asia di masa depan.

Dia menambahkan bahwa pelibatan generasi muda antarnegara juga sangat diperlukan sebab dapat mendukung pengembangan kerja sama antara Indonesia dengan Jepang di bidang pendidikan maupun kebudayaan. "Saya melihat fondasi hubungan Indonesia dan Jepang adalah sangat solid. Hal ini akan menjadi dasar guna semakin memperdalam hubungan di masa depan," ucapnya.

Dalam kunjungannya tersebut, Puan didampingi oleh Wakil Ketua Komisi IX DPR RI Charles Honoris, anggota Komisi V DPR RI Irine Yusiana Roba Putri, dan Sekjen DPR RI Indra Iskandar. Selain itu, turut hadir pula Duta Besar Indonesia untuk Jepang Heri Akhmadi, dam Wakil Menteri Kominfo Nezar Patria.

Sumber : Antara