Habib Aboe Bakar: DPR RI di Usia 78 Tahun, Terus Junjung Tinggi Profesionalisme

Semakin profesional DPR dalam menjalankan tugas, maka semakin besar kontribusinya.

Selasa , 29 Aug 2023, 20:30 WIB
Anggota Komisi III DPR RI Habib Aboe Bakar Alhabsyi.
Foto: Dok. DPR RI
Anggota Komisi III DPR RI Habib Aboe Bakar Alhabsyi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Di usia yang ke 78 tahun Ini, Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI diharap agar terus menjunjung tinggi profesionalisme dalam menjalankan tugas-tugas legislasi. Karena dengan kualitas legislasi yang tinggi, DPR RI dapat menciptakan Undang-Undang yang efektif, inovatif, dan adaptif terhadap perubahan-perubahan dalam masyarakat dan dunia global.

Harapan ini disampaikan Anggota Komisi III DPR RI dari Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (F-PKS), Aboe Bakar Al Habsyi melalui keterangan tertulisnya, Selasa (29/8/2023), bertepatan dengan HUT ke-78 DPR RI.

Baca Juga

Menurut pria yang akrab disapa Habib Aboe ini, semakin profesional DPR RI dalam menjalankan tugasnya, maka semakin besar pula kontribusi lembaga ini terhadap pembangunan Indonesia yang berkelanjutan. Harapan ini, menurut dia, sesuai tema dalam HUT ke 78 DPR RI ini, yaitu ‘Mengawal Demokrasi, Menuju Indonesia Maju.’

“Saya melihat tema ini cocok disampaikan menjelang tahun politik. Hal ini menggambarkan komitmen dan dedikasi DPR RI dalam menjalankan tugasnya sebagai lembaga legislatif yang penting bagi negara dan rakyat,” ujar incumbent Caleg PKS dari Dapil Kalimantan Selatan I ini lagi.

Selain itu, lanjut Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPP PKS itu, DPR RI juga harus senantiasa menjadi lembaga yang merangkul aspirasi rakyat dengan baik. Untuk itu, kehadiran DPR RI seharusnya mencerminkan suara-suara dari berbagai lapisan masyarakat, mengedepankan representasi yang adil dan merata.

“Dengan mendengarkan dan menyerap aspirasi rakyat, DPR RI dapat menjadi penghubung yang kuat antara pemerintah dan masyarakat. Dengan demikian DPR RI akan dapat menjalankan fungsinya untuk menjembatani kepentingan-kepentingan yang beragam,” katanya.

Terakhir, Habib Aboe menegaskan, momentum HUT ke-78 DPR RI ini juga bisa digunakan untuk mengevaluasi diri oleh seluruh anggota Dewan, dimana kepercayaan masyarakat kepada lembaga ini masih kurang optimal. Hal ini perlu di evaluasi dengan baik, tentunya dengan harapan agar DPR RI terus bertransformasi menjadi lembaga yang responsif dan berdaya saing tinggi, menjawab tantangan-tantangan zaman dengan sikap terbuka dan progresif.

“Melalui kerja keras, komunikasi yang baik, dan komitmen yang teguh terhadap nilai-nilai demokrasi, kita yakin DPR RI akan terus menjadi tulang punggung yang kuat bagi kemajuan Indonesia. Untuk itu, saya sampaikan selamat hari ulang tahun ke 78 untuk DPR RI,” ucap Habib Aboe.