Sidang ke-44 AIPA Angkat Tema 'Responsive Parliaments for A Stable and Prospeorus ASEAN'

Sidang Umum ke-44 AIPA digelar di Jakarta pada 5-11 Agustus 2023.

Senin , 07 Aug 2023, 19:06 WIB
ASEAN Inter-Parliamentary Assembly (AIPA) menggelar Sidang Umum ke-44 di Jakarta pada 5-11 Agustus 2023, yang akan dihadiri perwakilan parlemen dari negara-negara anggota ASEAN.
Foto: Dok. DPR RI
ASEAN Inter-Parliamentary Assembly (AIPA) menggelar Sidang Umum ke-44 di Jakarta pada 5-11 Agustus 2023, yang akan dihadiri perwakilan parlemen dari negara-negara anggota ASEAN.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- ASEAN Inter-Parliamentary Assembly (AIPA) menggelar Sidang Umum ke-44 di Jakarta, pada tanggal 5–11 Agustus 2023. Sidang AIPA akan dihadiri oleh perwakilan parlemen dari negara-negara anggota ASEAN yang akan membahas isu-isu penting untuk mencapai stabilitas dan kemakmuran ASEAN.

Dalam situasi global yang kompleks saat ini, AIPA menyadari pentingnya kerja sama untuk menghadapi tantangan yang belum pernah terjadi sebelumnya. Dalam konteks ini, tema Sidang Umum ke-44 AIPA adalah 'Responsive Parliaments for a Stable and Prosperous ASEAN'. Tema ini menekankan peran penting parlemen dalam merespons aspirasi dan kepentingan masyarakat serta menghubungkannya dengan agenda regional di tengah ketidakpastian global.

Baca Juga

Sidang akan membahas penguatan arsitektur regional dengan ASEAN sebagai pemimpinnya, guna mencapai perdamaian, stabilitas, dan ketahanan sosial di tengah tantangan global. Parlemen yang responsif diharapkan memiliki kemampuan untuk menghubungkan suara dan kepentingan rakyat dengan agenda regional. Parlemen diharapkan lebih tanggap, berorientasi pada kepentingan rakyat, dan inklusif dalam semangat mempertahankan ASEAN sebagai pusat pertumbuhan.

Sidang Umum AIPA ke-44 juga akan membahas isu-isu strategis yang berkaitan dengan stabilitas dan kemakmuran ASEAN. Sebagai tuan rumah, Indonesia berkomitmen untuk menjaga integritas dan stabilitas kawasan. ASEAN telah berkomitmen untuk menciptakan kawasan yang damai, terbuka, dan harmonis, sebagaimana tercermin dalam Rencana Aksi Politik-Keamanan ASEAN 2015–2025. Stabilitas menjadi prasyarat bagi pertumbuhan dan kemakmuran di ASEAN.

Sidang Umum AIPA ke-44 menjadi platform penting untuk memperkuat kerja sama parlemen dan meningkatkan kemitraan regional guna mencapai ASEAN yang tangguh dan makmur. AIPA memiliki peran penting dalam mendukung kepentingan publik dan mengawasi kegiatan pemerintah eksekutif melalui mekanisme checks and balances. Sidang ini juga menjadi ajang bagi anggota parlemen ASEAN untuk berbagi pengalaman dan pandangan dalam membangun masa depan ASEAN yang lebih baik.