Ribut Ayah Ojak dan Jamaah Malaysia, Ini Adab Ibadah Haji Menurut Imam Al Ghazali

Nabi Muhammad SAW berdoa bagi orang yang hendak menunaikan ibadah haji.

Republika
Kedatangan jamaah haji Indonesia kloter Jakarta di Makkah
Rep: Fuji E Permana Red: Ani Nursalikah

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Viral video Ojak, ayah pedangdut Ayu Ting Ting yang mengamuk ke jamaah haji Malaysia karena disebut menghina Indonesia sebagai negara miskin. Mengenai keributan antara ayah Ojak dan jamaah Malaysia tersebut, dapat mengingatkan jamaah haji lainnya terkait adab ibadah haji yang dijelaskan Imam Al Ghazali dalam kitab Ihya Ulumuddin.

Dalam kitabnya, Imam Al Ghazali menjelaskan kewajiban dan adab yang seharusnya dilakukan pada saat seseorang keluar dari rumah dengan niat menunaikan ibadah haji sampai menggunakan pakaian ihram. Ada beberapa adab yang dijelaskan Imam Al Ghazali, dua di antaranya sebagai berikut ini.

Baca Juga

Kewajiban dan Adab Ibadah Haji

1. Jaamah haji harus mengawali perjalanan ibadah haji dengan bertobat, meminta maaf atas kesalahan diri kepada orang lain, dan memaafkan kesalahan orang lain kepada dirinya. Setelah itu, melunasi seluruh utangnya termasuk berbagai bentuk cicilan dan kredit.

Jamaah haji juga seharusnya menyediakan biaya belanja bagi anggota keluarga yang ditinggalkan yang berada dalam tanggungannya selama masa ditinggalkan sampai kembali dari ibadah haji.

Jamaah haji harus mengembalikan segala sesuatu yang bukan haknya dan membawa perbekalan yang halal secukupnya bagi dirinya untuk kebutuhan pergi serta pulang, dan kelebihan bekal dari yang secukupnya digunakan untuk menolong fakir miskin serta orang lemah yang lebih membutuhkan. Sebaiknya bersedekah sebelum berangkat haji.

Selanjutnya...

Nasihat Imam Al Ghazali tersebut menjelaskan jamaah haji harus bertobat, meminta maaf atas kesalahan diri kepada orang lain, dan memaafkan kesalahan orang lain. Dengan demikian, saat berada di Tanah Suci Makkah maupun Madinah, jangan bertengkar sesama jamaah haji karena seharusnya jamaah haji bertobat dan saling memaafkan.

2. Jamaah haji harus berteman dengan orang yang baik, shalih, dan bertakwa dalam beragama, juga gemar melakukan kebajikan dan menolong orang lain. Sebab, teman yang demikian akan mengingatkan jika suatu ketika kita berada dalam posisi lupa.

Ucapkanlah selamat berpisah kepada kerabat, handai taulan, teman-teman, tetangga, dan mintalah iringan berkah serta doa dari mereka. Sebab, iringan doa mereka Insya Allah diijabah oleh Allah SWT.

Nabi Muhammad SAW berdoa bagi orang yang hendak menunaikan ibadah haji, "Semoga Allah SWT menjaga dan melindungimu, serta menunjukimu jalan kebajikan di mana pun engkau berada." (Diriwayatkan Imam At-Thabrani)

Sebelumnya diberitakan, ayah Ayu Ting Ting mengamuk ke jamaah haji Malaysia karena disebut menghina Indonesia sebagai negara miskin. Video ayah Ojak mengamuk pun viral di media sosial. Dalam narasi yang menjelaskan video tersebut, ayah Ojak dan istrinya Umi Kalsum sedang berangkat haji di Makkah.

Selanjutnya...

Dalam video tersebut ayah Ojak yang mengenakan pakaian hitam terlihat lepas kendali. Seorang pria berusaha menenangkan ayah Ojak yang hendak menghampiri jamaah haji Malaysia.

"Jangan menghina negara saya ya. Saya ini Indonesia," teriak ayah Ojak.

Tak hanya ayah Ojak saja yang marah. Umi Kalsum pun ikut serta marah kepada jamaah haji Malaysia yang dinarasikan menghina Indonesia sebagai negara miskin.

Sembari menunjuk-nunjuk, ayah Ojak yang terlihat emosi berteriak, "(Orang Indonesia) banyak orang suksesnya, bukan Malaysia aja."

"Yang paling tajir siapa? Orang Indonesia yang banyak. Astaghfirullahaladzim," ujar Umi Kalsum sambil terlihat mengurut dadanya.

 
Berita Terpopuler