Timnas Indonesia U-16 Amankan Tiket Semifinal AFF U-16, Ini Harapan Coach Nova Arianto

Nova menegaskan juara Piala AFF U-16 bukan target utama timnya.

ANTARA FOTO/Mohammad Ayudha
Pesepak bola Timnas Indonesia I Putu Panji Apriawan (kiri) berebut bola dengan pesepak bola Timnas Laos Ki Mounkanyah (kanan) pada pertandingan penyisihan grup A Piala AFF U-16 di Stadion Manahan, Solo, Jawa Tengah, Kamis (27/6/2024). Timnas Indonesia menang atas Laos dengan skor 6-1.
Rep: Muhammad Noor Alfian Choir Red: Israr Itah

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO -- Indonesia berhasil mengamankan tiket semifinal ASEAN Boys U-16 Championship atau Piala AFF U-16 usai menundukkan Laos dengan skor 6-1. Namun, pelatih timnas Indonesia U-16 Nova Arianto meminta pemain tetap fokus untuk menghadapi laga selanjutnya.
"Saya sampaikan kepada pemain ini bukan akhir. Ini menjadi awal kita untuk ke depannya bisa lebih baik lagi," kata Nova, Kamis (27/6/2024).
Nova meminta para anak asuhnya tak terlena euforia pesta gol, Ia berharap Garuda Asia dapat tampil optimal pada laga semifinal nanti.
Nova juga menegaskan, juara Piala AFF U-16 menjadi target nomor sekian. Baginya, progres para pemainnya di setiap pertandingan lebih penting.
"Fokus kami sebelum lawan Laos tidak memikirkan siapa lawan kita di semifinal tapi saya sampaikan pada pemain saya akan fokus di setiap pertandingannya. Saya bersyukur kita bisa lolos," katanya.
Nova menanti lawan yang akan dihadapi timnya di semifinal antara Thailand atau Australia dari Grup C atau Vietnam atau Myanmar dari Grup B.
"Siapa pun lawannya, kami akan evaluasi dan lihat lagi apa yang akan lakukan bersiap menghadapi lawan kami di semifinal nanti," katanya menambahkan.
Sebelumnya, Nova mengatakan tujuan menurunkan semua pemain adalah untuk melihat kualitas serta memberikan menit bermain. Namun, ia mengatakan tujuan lainya adalah untuk menyeleksi pemain untuk bisa melaju di laga Kualifikasi Piala Asia U-17 2025.
"Jadi memang sudah kita rencanakan dari awal setelah menghadapi Singapura kita memang berencana mencoba semua pemain yang ada di tim. Karena sekali lagi tujuan kami adalah untuk menuju kualifikasi asia jadi untuk menuju ke sana pemain siapa yang bisa kita bawa siapa yang enggak," katanya.
"Tapi kalau enggak kita coba di pertandingan kita tidak bisa tahu kualitas pemain tersebut. Di satu sisi kita mencari pemain yang siap di Piala Asia dan pengalaman bermain bagi pemain saya," katanya.

Baca Juga

 
Berita Terpopuler