Bupati Bantul Pantau Pospam, Pastikan Kesiapan Sambut Pemudik

Selama momen Lebaran disiagakan pospam di sejumlah titik wilayah Bantul.

Idealisa Masyrafina
Bupati Bantul Abdul Halim Muslih.
Rep: Antara Red: Irfan Fitrat

REPUBLIKA.CO.ID, BANTUL — Sejumlah pos pengamanan (pospam) disiagakan di wilayah Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), selama momen Lebaran 2024. Bupati Bantul Abdul Halim Muslih meninjau sejumlah pospam pada Senin (8/4/2024) untuk memastikan kesiapan menyambut pemudik.

Baca Juga

Ada lima pospam yang didirikan di wilayah Kabupaten Bantul, di antaranya Pospam Srandakan (Jalan Raya Srandakan), Pospam Sedayu (Jalan Yogya-Wates), dan Pospam Druwo (simpang empat Ring Road Selatan). Selain itu, Pospam Piyungan (Jalan Yogya-Wonosari) dan Pospam Induk (Gabusan, Jalan Parangtritis).

Bupati memantau sejumlah pospam bersama unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Bantul. Ia meninjau kesiapan aparat dan relawan di pospam dalam memberikan pelayanan dan pengamanan terhadap para pemudik.

Menurut Bupati, saat ini sudah terjadi kenaikan volume arus lalu lintas kendaraan di Kabupaten Bantul. “Semua aparat beserta relawan sudah menyiapkan diri di berbagai macam pos, sehingga diharapkan nanti akan bisa membantu para pemudik, para wisatawan, melakukan aktivitas di Kabupaten Bantul,” kata dia, selepas memantau Pospam Sedayu.

Pada momen Lebaran 2024 ini, Bupati mengatakan, diperkirakan pemudik yang masuk wilayah Kabupaten Bantul, termasuk yang berwisata, mencapai sekitar 3,5 juta orang. “Sehingga kita memerlukan kesiapan dan kesigapan. Marilah kita sambut tamu-tamu kita,” ujar dia.

Menurut Bupati, salah satu upaya dalam memberikan sambutan itu adalah dengan membantu kelancaran lalu lintas dan melakukan pengamanan. Ia pun berharap masyarakat Bantul dapat menjadi tuan rumah yang baik.

“Kita mengimbau pada masyarakat Bantul, marilah kita jadi tuan rumah yang baik, jadi tuan rumah yang ramah, agar tamu tamu yang datang senang dan berkesan berkunjung di Kabupaten Bantul,” ujar Bupati.

 
Berita Terpopuler