Pilih Pilgub Jakarta atau Jawa Barat? Ridwan Kamil Jawab Begini

Golkar sebelumnya telah memberikan dua surat penugasan terkait pilkada untuk Emil.

Republika/M Fauzi Ridwan
Eks Gubernur Jabar Ridwan Kamil.
Red: Andri Saubani

REPUBLIKA.CO.ID, DENPASAR -- Eks Gubernur Jawa Barat (Jabar) yang juga politikus Golkar, Ridwan Kamil mengatakan bahwa penugasannya untuk maju pada Pilkada DKI Jakarta maupun Jawa Barat akan diputuskan oleh dewan pimpinan pusat (DPP) pada Juli 2024. Kendati demikian, Ridwan Kamil sudah mengantongi surat penugasan untuk maju dalam Pilkada Serentak 2024.

Baca Juga

"Jadi, artinya masih pertimbangan, tunggu Juli sajalah," kata Ridwan Kamil saat ditemui awak media di Bandar Udara I Gusti Ngurah Rai Bali, Jumat (31/5/2024).

Hal inilah yang membuat dirinya belum memasang alat peraga kampanye berupa baliho di jalan. Menurut dia, apabila memiliki gelagat untuk mencalonkan diri sebagai gubernur DKI Jakarta, spanduk untuk memilih dirinya sudah bertebaran di jalan.

"Kalau saya sudah naga-naganya Jakarta 'kan mungkin ada spanduklah, apalah, deklarasilah, tetapi 'kan belum," ujarnya.

 

Sebelumnya, Kamis (23/11/2023), mantan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengungkapkan dirinya mendapat dua surat penugasan dari DPP Partai Golkar untuk maju pada Pemilihan Kepala Daerah 2024. "Saya itu mendapatkan dua surat penugasan, satu di Jabar, dua di DKI Jakarta. Jadi, suratnya dua," kata Ridwan saat menghadiri Rakerda Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) Jabar di Bandung, Kamis.

Mengenai ke mana akan menentukan arah politiknya pada tahun 2024, Ridwan Kamil mengaku masih memprioritaskan untuk tetap berada di Jabar. Namun, berdasarkan surat tugas yang diberikan DPP Partai Golkar, tidak menutup kemungkinan dia akan berkiprah di DKI Jakarta

"Karena dikasih dua, prioritas tetap di Jabar. Akan tetapi, diminta tetap mencoba berkiprah sesuai dengan penugasan di DKI Jakarta," ujar Kang Emil, sapaan akrabnya.

Infografis Isyarat Perjalanan Ridwan Kamil Bergabung Golkar - (Republika.co.id)

 

Sebelumnya, Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto mengatakan partainya memberikan dua surat penugasan untuk Ridwan Kamil (Kang Emil) terkait Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024. Menurut Airlangga, elektabilitas Ridwan Kamil menjanjikan baik di Jawa Barat maupun Jakarta. 

"Ridwan Kamil tuh tetap Golkar memberikan dua surat penugasan, Jawa Barat dan DKI," kata Airlangga ditemui di Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (15/5/2024).

Sebelumnya secara terpisah Wakil Ketua Umum Golkar Ahmad Doli Kurnia mengatakan bahwa partainya lebih mendorong Ridwan Kamil untuk maju di Pilkada Provinsi Jawa Barat, daripada di Jakarta.

"Dengan segala perhitungan kami secara politik dan juga untuk kepentingan pembangunan di Jawa Barat, mungkin Pak Ridwan Kamil lebih relevan, lebih bermanfaat, lebih berguna untuk masyarakat Jawa Barat," kata Doli ketika ditemui di Istana Kepresidenan, Jakarta, April 2024.

 
Berita Terpopuler