Nana Mirdad Selamatkan Bayi di Semak-Semak Dekat Rumahnya, Begini Kronologinya

Bayi tersebut ditemukan dalam kondisi yang lemas dan mulai membiru.

Prayogi/Republika
Nana Mirdad (kanan)
Rep: Adysha Citra Ramadani Red: Ani Nursalikah

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Aktris Nana Mirdad mengungkapkan asisten rumah tangganya menemukan bayi baru lahir yang dibuang di semak-semak dekat rumahnya. Bayi tersebut ditemukan dalam kondisi yang lemas dan mulai membiru.

"Siang ini, emba (ART) di rumah nemuin bayi baru lahir dibuang di semak-semak dekat rumah. Telanjang, masih ada tali pusar. Tanpa alas, tanpa kain sepotong pun di badan anak ini...," tulis Nana melalui unggahan Instagram Story di akun @nanamirdad_, seperti dikutip pada Sabtu (20/1/24).

Nana mengungkapkan bayi tersebut ditaruh di tanah begitu saja. Hal tersebut sangat mengkhawatirkan mengingat semak-semak tersebut kerap disambangi oleh beragam hewan, seperti biawak, anjing, dan bahkan ular.

Baca Juga

Nana Mirdad menyelamatkan seorang bayi baru lahir yang dibuang di semak-semak dekat rumahnya, Sabtu (20/1/2024). - (Instagram Nana Mirdad)

Tanpa membuang waktu, Nana segera melarikan bayi yang mulai terlihat kebiruan tersebut ke rumah sakit terdekat. Selama perjalanan, Nana mengungkapkan pergerakan bayi tersebut sudah minim. Nana sempat merasa khawatir bayi tersebut tidak bisa selamat.

"Saya ikut bersedih karena kamu harus melihat dunia dengan cara seperti ini di menit-menit pertama kehidupanmu," kata Nana mencurahkan perasaannya untuk sang bayi.

Nana mengungkapkan bayi tersebut...

Nana mengungkapkan bayi tersebut sempat mengalami hipotermia. Kabar baiknya, rumah sakit berhasil menyelamatkan sang bayi dan kini bayi malang tersebut masih dirawat di rumah sakit dan berada di bawah pengawasan dokter.

"Terima kasih banyak untuk semua team RS Bali Mandara yang sudah sangat siaga dan langsung memberi yang terbaik untuk bayi ini," kata Nana.

Sebagai seorang ibu, Nana merasa berat untuk meninggalkan bayi tersebut di rumah sakit dan ingin membawanya pulang. Akan tetapi, Nana juga menyadari hal tersebut tidaklah mudah untuk dilakukan. Alasannya, ada banyak hal yang perlu dipertimbangkan dalam membesarkan anak.

Oleh karena itu, Nana memutuskan menyerahkan bayi tersebut ke dinas sosial. Meski merasa sangat berat untuk berpisah, Nana merasa itu adalah sebuah keputusan yang benar.

"Sangat aneh, bayi ini aku gendong di tanganku selama sejam, tapi sudah berat untuk berpisah," lanjut Nana.

Nana berharap, bayi tersebut...

Nana berharap, bayi tersebut bisa mendapatkan kesempatan hidup yang lebih baik di masa depan. Dia pun berjanji untuk selalu mengingat sang bayi dalam doa-doanya.

"Kami bersyukur dipersilakan menjenguk kembali dan pastinya selagi bisa bayi ini akan tetap menjadi bagian dari cerita kami. Selama bantuan dari kami masih dibutuhkan, kami akan berikan yang terbaik," kata Nana.

Tak lupa, nana juga mengapresiasi ART-nya bernama Tika yang telah menemukan sang bayi di dekat rumahnya. Menurut Nana, berkat ART-nya bayi tersebut bisa diselamatkan tepat waktu.

"Jadi, terima kasih Tika. Tika menyelamatkan bayi ini di pagi ini," lanjut Nana.

Nana juga mengingatkan pengikutnya bahwa ada banyak orang yang menginginkan anak, namun belum bisa mendapatkannya. Di sisi lain, ada banyak orang yang diberkati keturunan namun menyia-nyiakannya. Tak sedikit pula anak yang lahir tanpa mengenal orang tuanya. Ada pula anak yang memiliki orang tua namun disia-siakan.

"Hari ini, biar jadi pengingat untuk kita semua, sayangi dan rawatlah apa yang ada di depan mata kita. Berkat yang kurang kita syukuri adalah doa dan harapan yang dinanti-nantikan banyak orang lain," kata Nana.

 
Berita Terpopuler