10 Artis Dunia yang Meninggal pada 2023, Termasuk Sinead O'Connor Hingga Matthew Perry

Sepanjang 2023, dunia hiburan kehilangan sejumlah penyanyi-aktor berbakat.

EPA-EFE/Marton Monus HUNGARY
Penyanyi asal Irlandia Sinead O Connor. Terkenal dengan single Nothing Compares 2 U, O Connor meninggal pada 26 Juli 2023.
Rep: Santi Sopia Red: Reiny Dwinanda

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sepanjang tahun 2023, industri hiburan global telah kehilangan beberapa sosok berbakat. Ikon musik, seperti Tina Turner, Sinead O'Connor, hingga David Crosby, termasuk di antara wajah-wajah terkenal yang meninggal pada 2023.

Berikut adalah kilas balik kehidupan dan karier artis yang meninggal pada 2023.

Baca Juga

1. Sinead O'Connor
Penyanyi dan aktivis Irlandia Sinéad O'Connor meninggal dunia dalam usia 56 tahun pada 26 Juli 2023. Penyebab kematian penyanyi yang menjadi mualaf itu tidak dipublikasikan.

O'Connor terkenal berkat lagu "Nothing Compares 2 U". Single yang dirilis pada 1990 itu mencapai nomor satu hingga membuatnya terkenal di seluruh dunia. Taoiseach (PM Irlandia) Leo Varadkar mengatakan musiknya "dicintai di seluruh dunia dan bakatnya tidak tertandingi".

2. Matthew Perry
Matthew Perry ditemukan tewas di jacuzzi rumahnya di Los Angeles, AS, pada Oktober. Dia meninggal dalam usia 54 tahun karena overdosis ketamin yang tidak disengaja, menurut hasil autopsi.

Aktor sitkom Friends, Matthew Perry.- (AP Photo/Rich Fury/Invision)


Perry yang berperan sebagai Chandler Bing dalam sitkom populer AS, "Friends", meninggal karena efek akut obat penenang. Insiden tenggelam menjadi penyebab kedua kematiannya, menurut Kantor Pemeriksa Medis Wilayah Los Angeles.

Penyakit jantung dan "efek buprenorfin", obat yang digunakan untuk mengobati penyalahgunaan opioid, juga merupakan faktor penyebab kematiannya, menurut laporan autopsi.

3. Tina Turner
Tina Turner dikenang sebagai Ratu Rock 'n' Roll legendaris. Pada Mei 2023, Turner meninggal dalam usia 83 tahun setelah lama mengalami sakit.

Tina Turner saat menggelar konser di Cologne, Jerman, 14 Januari 2009. (AP Photo/Hermann J. Knippertz)

Penyanyi dan penulis lagu ini terkenal secara internasional berkat hitnya "What's Love Got to Do With It" dan "(Simply) The Best". Sementara itu, lagunya "Nutbush City Limits" menarik perhatian masyarakat Australia, dan menginspirasi tarian  yang kini menjadi ikon.

Turner memulai kariernya pada 1950-an dengan tampil bersama suaminya Ike Turner. Rock & Roll Hall of Fame menggambarkan mereka sebagai "salah satu pertunjukan live paling hebat dalam sejarah". Turner kemudian menempuh karier solo dan berpisah dengan Ike pada 1976.

4. Tony Bennett

Penyanyi Tony Bennett. Bennett dilaporkan meninggal dunia pada Jumat (21/7/2023). - (EPA-EFE/ALBA VIGARAY)


Tony Bennett sempat tampil memainkan pianonya beberapa hari sebelum meninggal, menurut perwakilannya. Penyanyi pop dan jazz legendaris New York itu meninggal pada 21 Juli 2023 di usia 96 tahun.

"Tony meninggalkan kita hari ini, tetapi dia masih bernyanyi beberapa hari yang lalu dengan pianonya dan lagu terakhirnya adalah Because of You, hit #1 pertamanya," kata pernyataan resmi yang diunggah di akun Twitter-nya.

5. Lisa Marie Presley
Lara di kehidupan Lisa Marie Presley dimulai dengan kematian mendadak ayahnya, Elvis Presley ketika dia baru berusia sembilan tahun. Dia juga berduka setelah putranya Benjamin Keough meninggal bunuh diri pada 2020.

Putri mendiang Raja Rock n Roll Elvis Presley, Lisa Marie Presley. - (EPA/JIMMY MORRIS)


Lisa Marie Presley meninggal di usia 54 tahun pada 12 Januari 2023. Penyanyi dan penulis lagu ini menderita komplikasi terkait operasi penurunan berat badan dan mengalami serangan jantung pada Januari.

Ibunya, Priscilla Presley, mengonfirmasi berita tersebut. Dia menggambarkan putrinya sebagai "wanita paling bersemangat, kuat, dan penuh kasih sayang" yang pernah dikenalnya.

6. Harry Belafonte
Harry Belafonte yang terkenal aktor dan penyanyi inovatif sekaligus aktivis kemanusiaan meninggal di usia 96 tahun pada 25 April 2023. Belafonte meninggal karena gagal jantung kongestif di rumahnya di New York.

Penyanyi, aktor, dan aktivis asal AS, Harry Belafonte, tersenyum menjelang upacara penganugerahan penghargaan Locarno Film Festival di Locarno, Swiss, 6 August 2012 (dirilis ulang 25 April 2023). Harry Belafonte meninggal dalam usia 96 pada 25 April 2023. - (EPA-EFE/URS FLUEELER)


Dengan wajahnya yang bersinar, tampan, dan suaranya yang halus, Belafonte termasuk salah satu artis kulit hitam pertama yang mendapatkan banyak pengikut di film dan menjual satu juta rekaman sebagai penyanyi. Masih banyak yang masih mengenalnya sebagai pelantun lagu hit "Banana Boat Song (Day-O)", dan panggilannya "Day-O! Daaaaay-O".
 
7. David Crosby

David Crosby, penyanyi-penulis lagu yang ikut mendirikan The Byrds dan Crosby, Stills & Nash, meninggal dunia pada usia 81 tahun. - (EPA-EFE/ETIENNE LAURENT)


David Crosby meninggal setelah tertular Covid-19 untuk kedua kalinya, menurut keterangan sahabat dan mantan rekan satu bandnya, Graham Nash. Crosby meninggal dalam usia 81 tahun pada Januari 2023 setelah "sakit yang berkepanjangan". Nash pernah berbicara di siniar "Kyle Meredith With…" mengenai kematian Crosby.

"Dia sedang berlatih untuk pertunjukan di Los Angeles dengan band lengkap," kata Nash.

Setelah tiga hari latihan, Crosby merasa sedikit mual. Mendiang sudah terjangkit Covid-19 dan kembali tertular untuk kedua kalinya.

"Dia kemudian pulang ke rumah dan memutuskan untuk tidur siang, dan dia tidak pernah bangun. Tapi dia meninggal di tempat tidurnya dan itu luar biasa," ujar Nash.

8. Coco Lee

Penyanyi CoCo Lee meninggal dunia pada Rabu (5/7/2023) dalam usia 48 tahun. - (AP Photo/Billy Dai, File)


Coco Lee terkenal sebagai penyanyi dan penulis lagu China-Amerika yang membawakan lagu nominasi Oscar dalam film hit Crouching Tiger, Hidden Dragon. Lee meninggal pada 5 Juli 2023 di sebuah rumah sakit di Hong Kong.

Saat itu, Lee berusia 48 tahun. Penyebabnya karena bunuh diri, menurut pernyataan saudara perempuannya, Carol dan Nancy Lee.

9. Shane MacGowan
Shane MacGowan menjadi ikon di seluruh dunia dan dikenal karena memadukan musik folk Irlandia dengan punk rock. MacGowan, penyanyi-penulis lagu dan pentolan The Pogues, meninggal pada bulan November di usia 65 tahun.

Penulis lagu sekaligus pentolan band Pogues asal Irlandia, Shane MacGowan, meninggal dunia pada Kamis (30/11/2023).  - (Dok. Instagram/shanemacgowanofficial)


MacGowan, mendirikan Pogues yang memadukan musik tradisional Irlandia dan rock "Celtic punk" dengan penulisan lagu yang penuh emosi dan penampilan aktraktif. Lagu band yang paling terkenal ialah "Fairytale of New York" (1987).

10. Jimmy Buffett
Penyanyi-penulis lagu AS Jimmy Buffett, yang terkenal karena lagu hitnya "Margaritaville" dan "Come Monday", meninggal pada September 2023 di usia 76 tahun. Suara "rock tropis" Buffett populer di kalangan penggemar boomer, yang menyebut diri mereka Parrotheads.

Lagu paling populer dari Buffett, "Margaritaville" didapuk masuk Grammy Hall of Fame pada 2016. Lagu ini dianggap memiliki peran budaya dan sejarah hingga membantu menjadikan Key West, Florida, sebagai tujuan liburan internasional.

 
Berita Terpopuler