Raksasa Bank Riba Yahudi-Jerman Rothschild yang Kuasai Dunia dan Isyarat Alquran 

Alquran menyebut kegemaran Yahudi memakan riba

ANTARA/Rivan Awal Lingga
Ilustrasi bank dunia. Alquran menyebut kegemaran Yahudi memakan riba
Rep: Rossi Handayani Red: Nashih Nashrullah

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Keluarga Rothschild merupakan dinasti bankir Yahudi-Jerman berpengaruh dari Frankfurt. Mereka pernah membentuk rumah keuangan paling terkenal dan menjadi salah satu keluarga terkaya di dunia. 

Baca Juga

Seperti dilansir dari laman Investopedia, sebelumnya itu didirikan oleh Mayer Amschel Rothschild pada abad ke-18, kekaisaran ini menjadi terkenal di bawah lima putranya: Nathan Mayer, James Mayer, Salomon Mayer, Carl Mayer, dan Amschel Mayer. Mayer Amschel percaya bahwa mempertahankan bisnis dalam keluarga akan menjamin kesuksesannya di masa depan.  

Adapun Keluarga Rothschild melakukan investasi yang menguntungkan dan mengembangkan reputasi yang kuat dalam pengelolaan keuangan di seluruh Eropa. Mereka menjadi pionir dalam pengembangan keuangan internasional, dengan cabang di London, Paris, Wina, dan Napoli, selain di kota asal mereka, Frankfurt. 

Dari usaha kecil yang bergerak di bidang perdagangan barang dan devisa, keluarga Rothschild mengembangkan aktivitas bisnisnya hingga meliputi: 

  • Merchant Bank
  • Perbankan swasta
  • Manajemen aset
  • Merger dan akuisisi
  • Pertanggungan
  • Modal usaha
  • Pensiun dan investasi
  • Utang negara
  • Komoditas 

Di sisi lain, Keluarga Rothschild masih mempertahankan jangkauan finansialnya hingga saat ini. Dana ini juga diinvestasikan dalam proyek-proyek infrastruktur besar seperti jembatan, terowongan, dan kereta api.

Mungkin salah satu proyeknya yang paling menonjol adalah Terusan Suez. Kepentingan bisnis lainnya termasuk hotel, media, transportasi, dan anggur. 

Mayer Amschel Rothschild (1744–1812) dibesarkan di Judengasse di Frankfurt, jalan sempit tempat 3.000 penduduk Yahudi di kota itu dikurung untuk tinggal. Kondisinya penuh sesak dan keras.

Orang-orang Yahudi tidak boleh keluar pada malam hari, Ahad, dan hari libur Kristen. Mereka dilarang mengunjungi taman umum atau kedai kopi, dan tidak boleh berjalan di tempat umum dalam kelompok lebih dari dua orang. 

Mayer Rothschild belajar bisnis sejak usia muda. Ayahnya, Amschel Moses Rothschild, berdagang kain sutra dan menukar mata uang. Salah satu pekerjaan pertama Mayer adalah menyortir koin yang diperoleh melalui pameran dagang semi-tahunan di Frankfurt, yang menarik pembeli dan penjual di seluruh wilayah. 

Sementara itu, orang tuanya meninggal karena cacar ketika Mayer berusia 12 tahun. Dia tinggal bersama kerabatnya, yang mengirimnya ke Hannover untuk magang di Simon Wolf Oppenheimer, sebuah bank Yahudi terkemuka. 

Di sana, Mayer mengenal...

 

 

Di sana, Mayer mengenal perdagangan dan keuangan luar negeri, dan belajar tentang koin langka dari tempat-tempat seperti Roma kuno, Persia, dan Kekaisaran Bizantium.

Kolektor koin-koin ini adalah para pangeran dan orang-orang kaya lainnya. Laki-laki Yahudi yang bertransaksi dengan mereka disebut 'court jews' atau faktor pengadilan, artinya mereka berbisnis dengan kaum bangsawan. 

Pada awalnya Mayer Rothschild kembali ke Frankfurt pada 1763 di usia 19 tahun dan bergabung dengan saudara-saudaranya dalam bisnis perdagangan yang dimulai oleh ayah mereka. Mayer menjadi pedagang koin langka dan memenangkan perlindungan Putra Mahkota Wilhelm dari Hesse, yang juga membeli koin dari ayah Mayer.  

Hal ini merupakan hubungan bisnis yang penting bagi Mayer, karena hubungan ini berkembang hingga mencakup jasa keuangan lainnya dan membantu Mayer mengembangkan hubungan dengan bangsawan lainnya.

Putra Mahkota Wilhelm adalah pewaris kekayaan melimpah dan kemudian menyandang gelar Wilhelm IX, Landgrave Hesse-Kessel. 

Selanjutnya Kerajaan perbankan Rothschild berkembang pesat selama Revolusi Prancis. Mayer Rothschild memfasilitasi pembayaran dari Inggris untuk perekrutan tentara bayaran Hessian. 

Pada awal 1.800-an, Rothschild mengirim putra-putranya untuk tinggal di Naples, Wina, Paris, dan London, selain menjaga putranya di Frankfurt. Dengan tersebarnya anak-anak Mayer Rothschild di seluruh Eropa, kelima cabang yang terhubung tersebut menjadi bank pertama yang melampaui batas negara. 

Meminjamkan pinjaman kepada pemerintah untuk membiayai operasi perang selama beberapa abad memberikan keluarga Rothschild peluang yang luas untuk mengakumulasi obligasi dan membangun kekayaan tambahan di berbagai industri yang berbeda. 

Sebelum meninggal, Mayer Rothschild meninggalkan instruksi tegas kepada ahli warisnya tentang bagaimana mereka harus menangani keuangan keluarga. Ia ingin mempertahankan kekayaan dalam keluarga dan, oleh karena itu, surat wasiatnya menguraikan sistem suksesi patrilineal yang kaku.

Di mana hak milik dan properti hanya dapat diwariskan melalui garis keturunan laki-laki dan keturunan perempuan tidak termasuk dalam warisan langsung apa pun. Hal ini berdampak pada mendorong terjadinya pernikahan antar anggota keluarga. 

Antara 1824 dan 1877, terdapat 36 pernikahan keturunan laki-laki Mayer Rothschild. Dari jumlah tersebut, 30 orang menikah dalam satu keluarga. Kebanyakan menikah dengan sepupu pertama atau kedua. Selama masa ini, hanya empat wanita Rothschild dan dua pria yang menikah dengan pasangan yang tidak memiliki hubungan keluarga. 

Dari empat putra Rothschild yang berkelana, putra ketiga Nathan (1777–1836) mencapai kesuksesan terbesar. Nathan pindah ke Manchester, Inggris, pada 1798 untuk mendirikan bisnis tekstil. Dia kemudian pindah ke London untuk memantapkan dirinya sebagai bankir, mendirikan N M Rothschild pada 1810. 

Adapun N M Rothschild & Sons masih beroperasi sampai sekarang. Pada 2022, bank ini melaporkan pendapatan sebesar 2,97 miliar euro dan laba bersih sebesar 606 juta euro, dengan aset yang dikelola sebesar 101,6 miliar euro. 

Baca juga: Sungai Eufrat Mengering Tanda Kiamat, Bagaimana dengan Gunung Emasnya?

Seperti bank Rothschild lainnya, N M Rothschild & Sons memberikan kredit kepada pemerintah Inggris pada saat krisis. Selama Perang Napoleon, bank tersebut mengelola dan membiayai subsidi yang diberikan pemerintah kepada sekutu dan meminjamkan dana untuk membayar pasukan Inggris, hampir sendirian membiayai upaya perang tersebut. 

Selanjutnya pada 1824, Nathan Rothschild dan Moses Montefiore mendirikan Alliance Assurance Company, yang saat ini menjadi bagian dari RSA Group. Pada 1835, Nathan mendapatkan hak atas tambang merkuri di Spanyol, sehingga dunia maya mendapatkan monopoli atas unsur kimia tersebut, yang sangat penting untuk memurnikan emas dan perak. Pasokan ini terbukti sangat berharga pada 1852 ketika N M Rothschild & Sons mulai memurnikan emas dan perak untuk Bank of England dan Royal Mint. 

Isyarat Alquran...

 

 

Isyarat

Allah Subhanahu wa Ta'ala telah menjelaskan watak buruk kaum Yahudi dalam kitab suci Alquran, salah satunya yakni gemar memakan harta haram, riba. 

Hal ini disampaikan dalam surat An-Nisa ayat 161. Allah Subhanahu wa Ta'ala berfirman: 

وَأَخْذِهِمُ ٱلرِّبَوٰا۟ وَقَدْ نُهُوا۟ عَنْهُ وَأَكْلِهِمْ أَمْوَٰلَ ٱلنَّاسِ بِٱلْبَٰطِلِ ۚ وَأَعْتَدْنَا لِلْكَٰفِرِينَ مِنْهُمْ عَذَذَابًا أَلِيمًا

"Dan disebabkan mereka memakan riba, padahal sesungguhnya mereka telah dilarang daripadanya, dan karena mereka memakan harta benda orang dengan jalan yang batil. Kami telah menyediakan untuk orang-orang yang kafir di antara mereka itu siksa yang pedih." (QS An-Nisa ayat 161) 

Berdasarkan Tafsir Al-Muyassar penjelasan dari ayat di atas yakni: “Dan juga disebabkan kebiasaan mereka mengambil riba yang mereka dilarang darinya dan tindakan mereka yang menghalalkan memakan harta manusia tanpa alasan yang membenarkannya, dan kami telah menyediakan bagi orang-orang yang kafir kepada Allah dan rasulNya dari kalangan kaum yahudi siksaan pedih di akhirat.” 

Sementara Tafsir as-Sa'di menjelaskan tentang surat An-Nisa ayat 160-161 menyatakan: “Kemudian Allah SWT mengabarkan bahwa Dia mengharamkan banyak perkara bagi Ahli Kitab dari hal-hal yang baik yang dahulunya halal buat mereka. Ini merupakan pengharaman sebagai hukuman, disebabkan oleh kezhaliman mereka, tindakan mereka yang melampaui batas, tindakan mereka merintangi manusia dari jalan Allah, dan menghalangi mereka dari hidayah, serta tindakan mereka mengambil riba, padahal mereka telah dilarang darinya, lalu mereka menolak orang yang berbai’at kepadanya dari keadilan. 

Baca juga: Syekh Isa, Relawan Daarul Quran di Gaza Syahid Sekeluarga dan Kisah Putri Dambaannya

Maka Allah SWT menghukum mereka sesuai dengan jenis perbuatan mereka. Allah melarang mereka dari banyak hal yang baik yang mana mereka seharusnya menikmati kehalalannya karena semua itu memang baik.

Sedangkan pengharaman yang ditetapkan atas umat ini, adalah pengharaman penyucian bagi mereka dari hal-hal yang jelek yang memudharatkan mereka dalam agama dan dunia mereka." 

 

 

Infografis Berapa Tahun Diturunkannya Alquran - (Republika)

 
Berita Terpopuler