7.927 Pohon Berbagai Jenis Ditanam di 33 Lokasi Wilayah Kabupaten Cirebon

Sebagaimana arahan Polri, Polresta Cirebon mendorong upaya penghijauan. 

Dok Humas Polresta Cirebon
Kegiatan penanaman pohon yang dilakukan Polresta Cirebon di sekitar tanggul sungai Desa Kerandon, Kecamatan Talun, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, Rabu (23/8/2023).
Rep: Lilis Sri Handayani Red: Irfan Fitrat

REPUBLIKA.CO.ID, CIREBON — Jajaran Polresta Cirebon menanam ribuan pohon secara serentak pada Rabu (23/8/2023). Upaya dalam mendorong penghijauan dan pelestarian lingkungan itu dilakukan di 33 lokasi wilayah Kabupaten Cirebon, Jawa Barat.

Baca Juga

Kegiatan penanaman pohon serentak itu juga dilakukan jajaran polda dan polres di berbagai wilayah Indonesia, yang merupakan program Polri Lestarikan Negeri, Penghijauan Sejak Dini. Di Kabupaten Cirebon, momen kegiatan penanaman pohon itu dipusatkan di tanggul sungai Desa Kerandon, Kecamatan Talun.

“Tema yang diusung dalam kegiatan ini adalah cermin dari komitmen Polri dan masyarakat dalam menjaga lingkungan dan mewariskan pesan penting tentang keberlanjutan kepada generasi mendatang,” ujar Kepala Polresta (Kapolresta) Cirebon Kombes Pol Arif Budiman.

Arif mengatakan, perkembangan teknologi hingga pertumbuhan sektor industri yang pesat mesti diimbangi dengan pemeliharaan kondisi lingkungan. Hal itu agar kelestarian lingkungan tetap terjaga. “Salah satunya melalui gerakan penghijauan dengan menanam pohon,” kata dia.

Arif mengatakan, pada Rabu ini ditanam serentak 7.927 pohon di 33 lokasi di wilayah Kabupaten Cirebon. Pohon yang ditanam beraneka ragam, antara lain belimbing, jambu citra, jeruk nipis, jamblang, mangga gedong gincu, kelengkeng, rasamala, walikukun, tanjung, dan bungur.

“Dipilihnya pohon jenis tersebut terkandung maksud agar dapat memberikan manfaat bagi masyarakat Kabupaten Cirebon,” kata Arif.

 
Berita Terpopuler