Gus Baha Jelaskan Surah Al-Kahfi: Di Surga Terbebas dari Istri Cerewet, Intinya Bahagia Semua

Orang Muslim akan bahagia melihat surga yang akan ditinggalinya.

network /Kurusetra
.
Rep: Kurusetra Red: Partner

Gus Baha. Ulama karismatik Gus Baha menjelaskan arti Surah Al-Kahfi ayat 110 tentang perjumpaan dengan Allah. Foto: IST

KURUSETRA -- Salam Sedulur... Salah satu cara untuk berjumpa dengan Allah bagi orang beriman adalah melalui kematian. Padahal, hampir semua manusia akan takut melewati proses kematian.

Menurut Gus Baha, seorang Muslim yang beriman dan masuk surga akan mendapatkan segala kebahagiaan, tidak ada lagi pekerjaan, atasan bawahan, teman yang suka menipu, sampai istri yang cerewet. Penjelasan Gus Baha itu disampaikan dalam satu pengajian ketika seorang jamaah bertanya perihal maksud ayat 110 Surah Al-Kahfi, tentang apa yang dimaksud siapa yang menginginkan perjumpaan dengan Allah SWT.

BACA JUGA: Humor Gus Dur: Ketiduran di Makam Ketika Ziarah Tengah Malam, Pas Bangun Malah Dikira Hantu

"Seperti apa itu perjumpaan dengan Allah SWT, amal sholeh, dan perbuatan syirik yang dimaksud dalam ayat tersebut?" tanya seorang jamaah.

"Pertanyaannya bagus sekali," jawab Gus Baha.

Gus Baha lalu menyampaikan Rasulullah bersabda barang siapa suka dan ingin pertemuan dengan Allah SWT maka terjadi juga sebaliknya. Allah akan menyukai pertemuan dengannya. Namun bila ada yang membenci perjumpaan tersebut maka Allah juga tidak menyukainya.

BACA JUGA: Benarkah Yaman Negeri Kadrun dan Imigrannya Datang untuk Rusak Indonesia?

Menurut Gus Baha ketika Rasulullah menyampaikan hal tersebut, para sahabat bertanya bagaimana hal itu bisa terjadi, padahal setiap manusia tidak menyukai kematian. "Lalu Rasulullah menyampaikan bahwa tidaklah orang beriman akan mati kecuali ditampakkan kepadanya gambaran surga yang kelak akan ditinggalinya," kata Gus Baha.


Gus Baha berkata, bisa jadi para pria akan ditampakkan surga dengan bidadari-bidadari cantik yang tidak banyak menuntut uang belanja. "Karena cewek-cewek di dunia begitu. Ketika melihat surga yang sudah gemah ripah sudah luar biasa, mungkin kalau para cowok ya membayangkan bidadari banyak cantik-cantik tidak minta belanja," kata Gus Baha guyon yang diikuti tawa jamaah.

Dengan begitu menurut Gus Baha, orang Muslim akan bahagia melihat surga yang akan ditinggalinya. Namun sebaliknya, jika ada yang tidak senang menghadapi kematian berarti belum ditampakkan nikmatnya akhirat.

BACA JUGA: Humor Gus Dur: Mudik ke Jombang Disetiri Kiai Wahab Malah Bikin Jantung Dagdigdug

"Jika sudah diperlihatkan surga tidak ada pekerjaan, atasan, dan bawaan. Bebas dari istri yang cerewet dan teman suka membodoh-bodohkan, intinya bahagia semua. Begitulah kebahagiaan orang yang bertemu dengan Allah SWT, maksudnya berjumpa ridho dan kebaikannya. Dirinya akan senang dan tenang menghadapi kematian."

BACA BERITA MENARIK LAINNYA:

> Banyak Pria Jakarta Sakit Raja Singa Gara-Gara Wisata "Petik Mangga"

> Humor Gus Dur: Orang Jepang Sombong Mati Kutu di Depan Sopir Taksi

> Rektor ITK Singgung Manusia Gurun, Teringat Humor Gus Dur Tentang Unta Hewan Gurun yang Pendendam

> Kiai Tampar Anggota Banser: Kiai Gak Dijaga Malah Gereja yang Dijaga!

> Kata Siapa Muhammadiyah tidak Punya Habib, KH Ahmad Dahlan Itu Keturunan Rasulullah

> Pak AR Salah Masuk Masjid, Diundang Ceramah Muhammadiyah Malah Jadi Imam Tarawih di Masjid NU

> Humor Gus Dur: Yang Bilang NU dan Muhammadiyah Berjauhan Hanya Cari Perkara, Yang Dipelajari Sama

> Humor Cak Nun: Soal Rokok Muhammadiyah Terbelah Jadi Dua Mahzab

> Humor Ramadhan: Puasa Ikut NU yang Belakangan, Lebaran Ikut Muhammadiyah yang Duluan

> Muhammadiyah Tarawih 11 Rakaat, Pakai Formasi 4-4-3 atau 2-2-2-2-2-1?

.

Ikuti informasi penting seputar berita terkini, cerita mitos dan legenda, sejarah dan budaya, hingga cerita humor dari KURUSETRA. Kirim saran dan kritik Anda ke email kami: kurusetra.republika@gmail.com. Jangan lupa follow juga Youtube, Instagram, Twitter, dan Facebook KURUSETRA.

 
Berita Terpopuler