Hibernasi di Luar Angkasa, Mungkinkah?

Ada banyak perdebatan terkait upaya manusia untuk menjangkau luar angkasa.

Wikimedia
Luar angkasa (ilustrasi)
Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani Red: Agung Sasongko

REPUBLIKA.CO.ID, PARIS -- Ada banyak perdebatan terkait upaya manusia untuk menjangkau luar angkasa. Alasan logistik dan psikologi merupakan masalah yang belum juga ditemukan solusinya. 

Baca Juga

Dilansir dari Sciencealert, Sabtu (30/4/2022), implikasi dari studi baru oleh trio peneliti dari Chile mengungkapkan rintangan matematika untuk mengubah potensi stasis manusia jangka panjang menjadi kenyataan, yang mungkin berarti selamanya di luar jangkauan kita.

Roberto F. Nespolo dan Carlos Mejias dari Institut Milenium untuk Biologi Integratif dan Francisco Bozinovic dari Pontifical Catholic University of Chile mengungkapkan hubungan antara massa tubuh dan pengeluaran energi pada hewan yang berhibernasi.

Mereka menemukan tingkat metabolisme minimum yang memungkinkan sel bertahan dalam kondisi dingin dan rendah oksigen. Untuk hewan yang relatif berat seperti kita, penghematan energi yang mungkin kita harapkan dari memasuki keadaan seperti hibernasi yang dalam akan diabaikan.

Bahkan, kita mungkin lebih baik tidur siang saja dengan cara kuno. Kata hibernasi sering kali mengacu pada gambar beruang yang bersembunyi di sarang untuk istirahat musim dingin yang panjang.

Sementara beruang memang beristirahat selama beberapa bulan yang panjang dan dingin, dormansi mereka tidak seperti hibernasi yang sebenarnya di antara makhluk kecil seperti tupai tanah dan kelelawar.

Pada hewan-hewan ini, suhu tubuh turun drastis, metabolisme menyusut, dan detak jantung serta pernapasan menjadi lambat. Proses ini dapat mengurangi pengeluaran energi sebanyak 98 persen dalam beberapa kasus, menghilangkan kebutuhan untuk membuang-buang usaha berburu atau mencari makan. Namun, bahkan dalam keadaan ini, hewan itu masih bisa kehilangan lebih dari seperempat berat tubuhnya karena membakar cadangan bahan bakarnya.

Jika kita menerapkan matematika dasar yang sama pada manusia dewasa yang sedang berhibernasi, asupan makanan harian sekitar 12.000 kilojoule akan digantikan oleh kebutuhan hanya beberapa ratus kilojoule lemak tubuh.

Sesuai dengan skenario ini, kita mungkin membayangkan turis luar angkasa pemberani yang berbaring di tempat tidur khusus mereka akan kehilangan lebih dari enam gram lemak sehari. Lebih dari setahun, ini akan menambah berat sekitar dua kilogram.

Ini mungkin baik untuk perjalanan cepat ke bulan-bulan Jovian, tetapi jika rata-rata orang dewasa ingin bertahan hidup selama beberapa dekade mengambang melalui ruang antar bintang ke bintang terdekat, mereka perlu mengemas beberapa ratus, kilogram lemak tambahan. Itu, atau secara rutin bangun untuk membuang kembali satu atau tiga milkshake lemak babi.

Perhitungan back-of-the-envelope ini bergantung pada banyak asumsi, salah satunya adalah bagaimana skala hibernasi. Lagi pula, mungkin ada alasan bagus di balik kelangkaan mamalia besar yang berhibernasi seukuran kita (atau lebih besar).

Jadi para peneliti melakukan analisis statistik di berbagai spesies yang berhibernasi, seperti yang dirinci dalam penelitian sebelumnya. Dari sini, mereka menyimpulkan pengeluaran energi harian sisik hewan dengan cara yang cukup seimbang, jadi satu gram jaringan dari mamalia kecil, seperti kelelawar bertelinga daun 25 gram, mengkonsumsi energi sebanyak satu gram jaringan dari 820 gram tupai tanah hibernasi.

Kita dapat berasumsi bahwa jika kita pernah mencari cara untuk berhibernasi seefisien tikus, setiap gram jaringan kita akan membutuhkan energi yang sama seperti setiap gram jaringan mereka.Namun lain cerita ketika mamalia aktif. Skala hubungan antara metabolisme aktif dan massa menghasilkan grafik yang sedikit berbeda yang mengungkapkan titik di mana hibernasi tidak benar-benar menghemat banyak energi untuk hewan yang lebih besar.

Titik itu dekat dengan massa kita sendiri, menyiratkan bahwa kebutuhan energi total kita saat berhibernasi tidak akan berbeda secara signifikan dari yang kita butuhkan saat kita hanya beristirahat.

 

Ini bisa menjadi alasan mengapa beruang tidak benar-benar berhibernasi seperti halnya hewan yang lebih kecil. Dan itu juga berarti bagi kita manusia, mengambil semua risiko dan kesulitan mendinginkan tubuh kita, menurunkan detak jantung dan pernapasan kita, dan secara artifisial menekan metabolisme kita mungkin tidak memberi kita hasil yang kita harapkan.

 
Berita Terpopuler