Resep Sayur Bening Kaya Protein Ala Chef Yuda, Cocok untuk Sahur-Bikin Kenyang Lebih Lama

Asupan sayur saat sahur dapat membuat kenyang lebih lama.

Republika/Musiron
Menyiapkan makanan sahur (Ilustrasi). Chef Yuda Bustara mengatakan, sayur bening dengan kerang cocok untuk menu sahur.
Rep: Umi Nur Fadhilah Red: Reiny Dwinanda

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Membuat hidangan sahur itu gampang-gampang susah. Namun, sayur berkuah bening bisa menjadi trik jitu membangkitkan selera makan untuk sahur sekaligus membuat kenyang lebih lama.

Chef Yuda Bustara merekomendasikan sayur bening sebagai menu sahur simpel yang menggugah selera. Menurut dia, sayur bening sangat nikmat disajikan dengan nasi putih dan lauk berprotein untuk sahur.

"Ketika memasak, kita harus bisa menyiasati makanannya agar tetap sehat, harus kreatif, supaya tak bosan. Jadi bisa berkreasi, misalkan capcay dan sayuran berkuah lainnya," kata chef Yuda kepada Republika, beberapa waktu lalu.

Chef Yuda mengatakan, sayur bening dengan kerang cocok untuk menu sahur. Masakan ini memberi asupan protein untuk tubuh.

Baca Juga

Siapkan saja bumbu seperti bawang merah, temu kunci, gula, dan garam. Tumis semua bumbu lalu tambahkan air dan masak hingga mendidih.

"Berikutnya, tambahkan jagung dan lanjutkan merebus sup sampai setengah matang," kata chef Yuda.

Setelah itu, masukkan wortel dan kerang. Masak selama lima menit lagi sampai semua bahan matang.

"Tambahkan bayam dan matikan api, agar bayam tidak terlalu matang," ujar chef Yuda.

Chef Yuda menyarankan untuk memperbanyak asupan buah dan sayuran selama Ramadhan. Dia juga mengingatkan untuk tidak berlebihan mengonsumsi makanan bersantan, terutama setiap berbuka puasa.

"Cara menyiasatinya boleh pakai buah-buahan yang manis," ujar chef Yuda.

Selain itu, chef Yuda juga menekankan untuk mengonsumsi makanan dengan gizi seimbang, baik lemak maupun protein. Jangan terlalu banyak mengonsumsi makanan yang diproses atau goreng-goreng.

"Lebih baik, konsumsi makanan yang dipepes, seperti tahu, jamur, ikan," tutur chef Yuda.

 
Berita Terpopuler