Resep Takjil Peach Gum dengan Kurma, Segar dan Berkhasiat

Peach gum kaya akan kolagen yang berkhasiat untuk kecantikan kulit wajah.

Wikimedia
Peach gum bisa diolah menjadi minuman segar untuk takjil.
Rep: Santi Sopia Red: Reiny Dwinanda

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Menu takjil untuk berbuka puasa kian beragam. Inspirasinya bisa mulai dari menu-sehari-hari, menu penutup, menu perayaan, populer, hingga resep yang menawarkan manfaat lebih seperti minuman peach gum.

Peach gum merupakan salah satu menu yang saat ini cukup digemari dan punya manfaat sebagai sumber kolagen. Peach gum berasal dari getah pohon persik di China yang akan menjadi padat ketika dipanen.

Tidak hanya disebut baik bagi kesehatan kulit, peach gum juga dipercaya membantu menjaga kualitas tidur, tulang, sendi, bahkan jantung. Manfaat meregenerasi sel kulit ini membuat makanan bertekstur kenyal itu kerap dianggap membuat awet muda.

Untuk membuat menu takjil berbahan dasar peach gum juga tidak terlalu sulit. Ditambah campuran buah lainnya, termasuk kurma merah, semakin menambah segar ketika berbuka puasa.

"Saya rasa bisa untuk menu takjil itu sesuatu yang agak baik bagi kulit wajah kita, contohnya peach gum yang dimasak dengan simple syrup dan pandan, dan ditambahkan red dates (kurma merah), seperti hidangan hot dessert di Chinese food," kata chef Stefu Santoso kepada Republika.co.id, dikutip Rabu (6/4/2022).

Menurut chef Stefu, peach gum punya kandungan kolagen yang bagus. Peach gum juga sering dimanfaatkan sebagai pengobatan tradisional, khususnya di China.

Baca Juga

Di Indonesia, peach gum yang diklaim halal sudah relatif mudah didapat, baik di supermarket maupun secara daring. Sedangkan kurma merah sendiri atau biasa disebut jujube, juga tak kalah banyak manfaatnya.

"Gulanya bisa pakai gula batu, seperti resep aslinya," kata chef Stefu.

Bahan yang perlu disiapkan, antara lain peach gum, daun pandan, kurma merah, simple syrup, longan kering, biji lotus, jamur putih salju, dan goji berry. Bagaimana cara membuatnya?

- Rendam peach gum terlebih dulu kurang lebih semalaman.

- Bersihkan dari kotoran lalu tiriskan. Rebus air dengan daun pandan hingga mendidih.

- Masukkan kurma merah, simple syrup, longan, dan lotus. Setelah itu, didihkan selama 10 menit.

- Masukkan gula batu, peach gum dan jamur putih. rebus sebentar.

- Masukkan goji berry, lalu matikan api.

- Simpan di kulkas selama satu-dua hari agar lebih nikmat dan meresap rasanya.

- Sajikan dingin lebih segar.

 
Berita Terpopuler