Cara Mudah Unduh Video dari Facebook

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengunduh video Facebook.

EPA
Facebook
Rep: Meiliza Laveda Red: Dwi Murdaningsih

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kadang, situs video populer mempersulit pengunduhan konten karena hak cipta dan pendapatan. Biasanya, mereka lebih suka pengguna membagikan tautan langsung yang akan mengalirkan pendapatan iklan.

Baca Juga

Jika Anda memiliki perangkat lunak yang digunakan untuk mengunduh video YouTube seperti 4K Video Downloader, Anda dapat mencobanya. Sebagian besar alat yang berfungsi untuk YouTube, Vimeo, dan lainnya juga berfungsi dengan URL Facebook.

Unduhan Desktop

Facebook menyediakan tautan “Simpan Video” di menu elipsis di sebelah hampir setiap video. Sayangnya, fitur itu bukan untuk menyimpan ke penyimpanan lokal Anda tetapi hanya menyimpannya di akun Facebook Anda di bagian “Video tersimpan.”

Cara download video Facebook. - (pcmag)
 

Untuk mengunduh video Facebook di komputer Anda, ada sejumlah cara yang bisa dilakukan. Pertama, di browser Anda, klik menu elipsis tiga titik pada video dan pilih “Salin tautan.” Anda mungkin tidak melihat opsi ini jika video terdaftar sebagai pribadi. Tempelkan tautan ke tab browser baru dan teruskan tautan yang dipersingkat, seperti https://fb.watch/ ke https://www.facebook.com/watch/. Di bilah alamat, ubah "www" menjadi "mbasic.”

Itu memaksa browser memuat versi seluler halaman untuk Anda. Klik kanan video dan pilih “Buka tautan” di tab baru. Di tab ketiga terbaru, yang akan Anda lihat hanyalah video dan Anda dapat mengeklik kanan lagi serta pilih opsi “Simpan video.”

Sayangnya, cara tersebut adalah resolusi video yang diunggah rendah. Namun, Anda bisa menyiasati dengan FDown.netFDown.net. Anda perlu waspada terhadap jebakan iklan yang ada seperi kotak bertuliskan “Mulai” atau “Mulai unduh.”

Untuk caranya, pertama tempelkan URL Facebook dari menu ellipsis. Situs akan mengurai semua konten untuk Anda dan menyediakan tautan untuk mengambil versi “Kualitas normal” atau “kualitas HD.” Setelah pilih resolusi, Anda dapat mengklik tautan atau klik kanan untuk memilih “Simpan tautan sebagai” atau “Save link as.” Kotak Opsi Lainnya dapat mencoba memaksa unduhan definisi standar atau definisi tinggi dan melakukan perbaikan audio.

Jika Anda menggunakan browser Google Chrome dan menemukan bahwa Anda sering menggunakan FDown.net, pertimbangkan untuk menggunakan ekstensinya yang disebut Video Downloader PLUS. Jika Anda menemukan video yang tidak dapat diunduh di Facebook, coba dulu FDown.net/private-downloader.php. Jika gagal, coba alat perekam layar untuk merekamnya saat diputar.

Unduhan seluler

Ternyata FDown.net juga bisa digunakan di perangkat seluler, baik di Android maupun iOS. Namun, ini tidak berfungsi dengan browser Safari di iOS dan tidak bagus dengan Chrome. Anda bisa gunakan Firefox seluler.

Untuk caranya, pertama temukan video di Facebook, di browser apa pun dan klik opsi untuk “Bagikan.” Di layar bagikan, cari opsi “Salin tautan.” Kemudian buka Firefox, muat FDown.net, tempel di URL, dan tekan unduh. Anda akan melihat opsi untuk mendapatkan video dalam “Kualitas Normal” atau “Kualitas HD.”

 

Ketuk dan tahan jari Anda di mana pun yang Anda inginkan dan Anda akan mendapatkan opsi yang mengatakan “Unduh tautan” lalu konfirmasi “Unduh sekarang.” Ini menempatkan video di bagian Unduhan browser Firefox. Anda dapat mengaksesnya melalui menu hamburger Firefox di kanan bawah yang berupa tiga baris dan klik tautan untuk videonya. Di iOS, Anda dapat mengetuk “Simpan video” untuk memasukkannya ke dalam rol kamera di perangkat Anda.

 
Berita Terpopuler