5 Hal yang Perlu Dihindari Diabetesi Sebelum-Usai Vaksinasi

Ada sejumlah hal yang perlu dihindari diabetesi sebelum dan setelah divaksinasi.

ANTARA FOTO/Didik Suhartono/aww.
Warga berjalan di dekat spanduk ajakan vaksin di Sentra Vaksinasi di Gedung Kencana, Surabaya, Jawa Timur, Jumat (30/7/2021). Diabetesi perlu mendapatkan vaksin Covid-19 untuk mencegah komplikasi.
Rep: Adysha Citra Ramadani Red: Reiny Dwinanda

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ada hal-hal yang perlu dihindari penyandang diabetes sebelum dan setelah vaksinasi Covid-19. Berikut tips dari dokter senior spesialis diabetes Dr Anil Reddy dari Lord Hospital, seperti dikutip dari Indian Express, Rabu (4/8).

* Hindari adalah menjalani vaksinasi dalam kondisi perut kosong.

* Tak dianjurkan konsumsi banyak minuman berkafein sebelum hingga beberapa hari setelah vaksinasi.

* Hindari melakukan terlalu banyak aktivitas fisik sesaat setelah divaksinasi.

* Jangan aplikasikan kompres dingin atau panas pada area yang mendapatkan suntikan.

Baca Juga

* Konsumsi alkohol dan penggunaan tembakau juga juga sangat tak dianjurkan selama beberapa hari setelah vaksinasi. Kedua hal ini dapat memperberat atau memperburuk efek samping vaksin.

Dr Reddy mengatakan, vaksinasi memang dapat memunculkan beberapa efek samping kecil. Akan tetapi, manfaat vaksinasi bagi penyandang diabetes jauh lebih besar dibandingkan efek samping yang mungkin muncul.

Penyandang diabetes diketahui memiliki risiko lebih tinggi untuk mengalami komplikasi bila tertular Covid-19. Oleh karena itu, vaksinasi sangat dianjurkan bagi para penyandang diabetes untuk menurunkan risiko komplikasi tersebut.

"Individu dengan diabetes, khususnya, harus mendapatkan vaksinasi untuk menurunkan risiko mereka mengalami komplikasi terkait Covid-19," jelas Dr Reddy.

Bebrapa efek samping yang cukup sering muncul setelah vaksinasi adalah demam, sakit kepala, dan nyeri di lengan. Bila gejala ini berlangsung lebih dari tiga hari, coba berkonsultasi dengan dokter.

 
Berita Terpopuler