Doa yang Dianjurkan Syekh Nawawi Agar Husnul Khatimah

Syekh Nawawi menganjurkan setiap Muslim berdoa agar husnul khatimah.

Republika/Thoudy Badai
Berdoa (Ilustrasi)
Rep: Ali Yusuf Red: Agung Sasongko

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Syekh Nawawi al-Bantani mengisahkan dalam kitabnya Nasihaiul Ibad, bahwa Imam al- Ghazali pernah dimimpikan oleh seseorang. Dalam mimpinya sang hujatullah Islam ini ditanya.

Baca Juga

"Bagaimana perlakuan Allah SWT terhadap Anda?"

Beliau menjawab: "Allah SWT membawaku ke hadapannya kemudian Allah SWT berfirman kepadaku: "Oleh sebab apa aku membawamu ke sisiku?" Maka, aku menyebutkan berbagai amalan ketika Allah SWT berfirman. 

"Aku tidak menerimanya amalan-amalan itu, sesungguhnya yang aku terima darimu ialah ketika suatu hari ada seekor lalat yang hinggap di wadah tintamu itu lalu meminumnya, padahal kamu sedang menulis, lalu kamu menghentikan kegiatan menulismu itu hingga lalat selesai meminumnya, kamu melakukan itu karena kasihan terhadap lalat tersebut." 

Kemudian Allah SWT memerintahkan: "Bawalah hamba Aku ini ke surga."

Syekh Nawawi mengatakan, dari sebab-sebab agar mendapatkan husnul khatimah (akhir hayat yang baik), dianjurkan untuk membiasakan membaca doa sebagai berikut. 

"Ya Allah muliakanlah umat Muhammad ini dengan kebaikan pahalamu di dunia dan akhirat sebagaimana penghormatan bagi orang-orang yang menjadi umatnya".

 

 

Selain itu, dianjurkan juga agar membiasakan membaca dengan antara qabliyah subuh sholat sunnah fajar dengan Sholat Subuh dengan doa sebagai berikut.

"Ya Allah ampunilah umatmu junjungan kami Nabi Muhammad SAW dan kasihanilah umat junjungan kami Nabi Muhammad SAW.

Ya Allah tutupilah aib umat junjungan kami Nabi Muhammad SAW dan kuatkanlah umat junjungan kami kami Nabi Muhammad SAW.

Ya Allah, perbaiki keadaan umat junjungan kami Nabi Muhammad SAW dan sehatkanlah umat junjungan kami Nabi Muhammad. 

Ya Allah, jagalah umat junjungan kami Nabi Muhammad dan memberikan rahmat untuk umat junjungan kami Nabi Muhammad SAW dengan rahmat yang menyeluruh wahai Tuhan sekalian alam. 

Ya Allah ampunilah umat junjungan kami Nabi Muhammad SAW dengan ampunan yang menyuruh, wahai Tuhan sekalian alam.

Ya Allah, lapangkanlah jalan umat junjungan kami, Nabi Muhammad SAW dengan ke lapangan yang luas wahai Tuhan sekalian alam."

 

 

 

Syekh Nawawi juga menyarankan, selain membaca doa di atas, juga harus membiasakan dengan berdoa sebagai berikut. 

"Wahai Tuan Yang Maha Kuasa atas segala sesuatu, dengan kekuasaan-Mu atas segala sesuatu, ampunilah segala sesuatu yang ada padaku dan janganlah engkau menanyakan kepadaku tentang segala sesuatu dan berikanlah kepadaku segala sesuatu."

 

 

 
Berita Terpopuler