China Perpanjang Pengecualian Tarif Impor 6 Produk AS

AS telah menganggap praktik perdagangan China tidak adil.

republika
Perang dagang AS dengan Cina
Rep: Iit Septyaningsih Red: Nidia Zuraya

REPUBLIKA.CO.ID, BEIJING -- kementerian Keuangan China menyatakan, akan memperpanjang pengecualian tarif impor untuk 6 produk dari Amerika Serikat. Meliputi minyak putih dan lilin minyak bumi kelas makanan. 

Baca Juga

Pengecualian tarif tersebut diperpanjang selama satu tahun lagi. Perpanjangan itu efektif pada 26 Desember. Kemudian akan berlangsung hingga 25 Desember 2021.

Dilansir Reuters pada Ahad (27/12), China mengumumkan pengecualian tarif pada 6 produk kimia dan minyak dari AS pada Desember tahun lalu. Tak lama setelah kedua negara mengumumkan kesepakatan perdagangan fase pertama. 

 

Wall Street Journal melaporkan, diskusi semacam itu sebelumnya telah dilakukan selama era pemerintahan Presiden George W Bush dan dilanjutkan hingga pemerintahan Presiden Barack Obama. Hanya saja, pada masa pemerintahan Presiden Donald Trump tahun 2017, dialog itu dihentikan.

Perundingan yang digagas Menteri Keuangan AS era Bush, Henry Paulson itu awalnya dilakukan dua kali setahun. Hanya saja pada era Obama perundingan dilakukan menjadi hanya setahun sekali.

Seperti diketahui, AS telah menganggap praktik perdagangan China tidak adil. Dampaknya, pada awal 2018 lalu Trump melancarkan perang dagang dengan China, kedua negara saling menerapkan tarif impor terhadap masing-masing barang.

 
Berita Terpopuler