Ketua DPR Dorong Kerja Sama Bilateral dengan Majelis Nasional Prancis  

Puan mengatakan hubungan Indonesia-Prancis tumbuh dengan positif lebih dari 73 tahun.

Selasa , 05 Mar 2024, 14:24 WIB
Ketua DPR RI Puan Maharani mendorong penguatan kerja sama bilateral Indonesia-Prancis. (ilustrasi)
Foto: Dok. DPR RI
Ketua DPR RI Puan Maharani mendorong penguatan kerja sama bilateral Indonesia-Prancis. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua DPR RI Puan Maharani mendorong penguatan kerja sama bilateral dengan Ketua Majelis Nasional Prancis Madame Yaël Braun-Pivet.

Dalam keterangan tertulis di Jakarta, Selasa (4/3/2024), Puan mengatakan hubungan Indonesia-Prancis telah tumbuh dengan positif lebih dari 73 tahun. Pertemuan DPR RI dengan National Assembly of French dapat mendorong semakin eratnya kerja sama kedua negara.

Baca Juga

Pertemuan Puan dengan Yaël Braun-Pivet akan dilaksanakan di Kantor Majelis Nasional Prancis atau National Assembly of French yang berada di Paris. Pertemuan itu dilakukan di sela-sela menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Ketua Parlemen perempuan dunia atau Women Speakers' Summit 2024, di bawah naungan Inter-Parliamentary Union (IPU) di Paris, Prancis.

“Sesama pemimpin perempuan harus memperkuat kerja sama untuk terus memperjuangkan kesetaraan gender dan pemberdayaan perempuan, baik di tingkat global maupun di negara masing-masing,” katanya menegaskan.

Puan pun menyampaikan apresiasinya kepada Majelis Nasional Prancis yang telah menyelenggarakan KTT Ketua Parlemen perempuan tersebut. Menurut mantan Menko PMK itu, pembahasan tentang isu perempuan sangat penting di saat dunia sedang mengalami berbagai krisis.

Women Speakers' Summit 2024 akan membahas sejumlah isu perempuan yang dibagi menjadi dua agenda forum diskusi. Forum pertama bertemakan "Pendidikan dalam kesetaraan, Kesehatan dan Perjuangan melawan kekerasan terhadap perempuan," kata forum kedua tentang kesetaraan gender, paritas dan pemberdayaan dalam politik, teladan perempuan.

Puan pun diagendakan akan turut menyampaikan pernyataan pada dua forum diskusi itu.

Selain agenda resmi, Women Speakers' Summit 2024 akan berisikan beberapa side event yang dihelat oleh Majelis Nasional Prancis. Mulai dari jamuan sarapan, makan siang, dan makan malam, tour building Gedung DPR Prancis, hingga peresmian pameran foto-lukisan yang didedikasikan untuk hak politik perempuan.

Puan juga direncanakan akan berkunjung ke Wisma KBRI Prancis di Paris, pada Jumat (8/3/2024). Kunker Puan di Paris didampingi oleh Wakil Ketua Komisi IX DPR Charles Honoris dan Anggota Komisi V DPR Irine Yusiana Roba Putri.

Sumber : Antara