Sunday, 19 Syawwal 1445 / 28 April 2024

Sunday, 19 Syawwal 1445 / 28 April 2024

Bea Cukai Soetta Tambah Personel Awasi Perlintasan Barang

Rabu 20 Dec 2023 01:08 WIB

Red: Gita Amanda

KPUBC TMP C akan menambah personel dalam mengawasi perlintasan barang penumpang di Bandara Internasional Soekarno-Hatta. (ilustrasi)

KPUBC TMP C akan menambah personel dalam mengawasi perlintasan barang penumpang di Bandara Internasional Soekarno-Hatta. (ilustrasi)

Foto: dok Bea Cukai
Jelang Natal dan Tahun Baru ini, jumlah flight meningkat 12 persen.

REPUBLIKA.CO.ID, TANGERANG -- Kantor Pelayanan Utama Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean (KPUBC TMP) C akan menambah personel dalam mengawasi perlintasan barang penumpang di Bandara Internasional Soekarno-Hatta selama periode Natal 2023 dan Tahun Baru 2024.

"Memang jelang Natal dan Tahun Baru ini, jumlah flight meningkat 12 persen. Kebetulan jumlah SDM kita kembali normal, makanya kita lakukan penambahan personel untuk percepat pelayanan," kata Kepala Bidang Penindakan dan Penyidikan Bea Cukai Soetta Zaky Firmansyah di Tangerang, Selasa (19/12/2023).

Baca Juga

Ia menjelaskan, untuk penambahan jumlah personel dari Bea Cukai akan dilakukan di sektor perlintasan barang penumpang penerbangan, baik itu di terminal keberangkatan dan kedatangan maupun di terminal barang kiriman atau kargo.

"Per hari penambahan personel sebanyak 12 sampai 20 orang, itu pun dari luar Bandara Soetta," katanya.

Dia juga mengungkapkan untuk masa waktu pengawasan yang dilakukan oleh petugas Bea Cukai ini akan menyesuaikan dengan jadwal peningkatan pengunjung di Bandara Soetta. "Untuk penumpang itu ada di T3 dan T2, dan sekarang itu di atas pukul 00.00 WIB peningkatannya cukup banyak hingga pukul 03.00 WIB pagi," ujarnya.

Kemudian, untuk pengawasan di terminal barang kiriman khususnya di courier services Internasional akan dilakukan penambahan  personel dengan petugas yang memiliki kemampuan lebih. "Baru yang ke tiga kita lakukan penambahan  personel di Terminal barang kargo," ucapnya.

Sebelumnya, PT Angkasa Pura (AP) II (Persero) selaku pengelola utama Bandara Internasional Soekatno-Hatta, Tangerang, Banten juga telah mengerahkan sebanyak 4.000 petugas untuk melayani penerbangan selama masa angkutan libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024.

Executive General Manager (EGM) Bandara Soetta Dwi Ananda Wicaksana di Tangerang mengatakan dari total 4.000 petugas itu nantinya akan melakukan pelayanan, baik services maupun pengamanan di kawasan Terminal Bandara Soetta. "Jadi ada penambahan jumlah petugas, terutama pada lokasi yang memungkinkan akan dipadati penumpang selama libur jelang 2024 nanti," katanya.

Personel yang disiapkan selama pengamanan itu terdiri atas personel Aviation Security, Airport Rescue & Fire Fighting, Apron Movement Control, Customer Service, Terminal Inspection Service, Digital Service, TNI/Polri, Imigrasi, Bea Cukai, KKP dan lainnya. Pihaknya melakukan penambahan di curbside setiap terminal guna mengurangi penurunan atau menaikkan penumpang terlalu lama di area curbside sehingga kemacetan bisa terurai.

"Kita juga melakukan penambahan di sisi check-in area karena kita ketahui, check-in area saat ini sudah menjadi area publik di seluruh Terminal 1, 2 dan 3. Sehingga tetap perlu petugas untuk melakukan profiling dan menunjukkan rasa aman kepada pengguna jasa bandara," kata Dwi.

Sumber : Antara
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 
 
 
Terpopuler