Pentingnya Kesadaran Politik Bagi Generasi Muda

Pentingnya untuk meningkatkan kesadaran politik bagi generasi muda Indonesia.

Selasa , 12 Dec 2023, 16:56 WIB
Anggota Komisi X DPR RI Ferdiansyah mengungkapkan pentingnya untuk meningkatkan kesadaran politik bagi generasi muda Indonesia. (ilustrasi)
Foto: Republika/Edwin Dwi Putranto
Anggota Komisi X DPR RI Ferdiansyah mengungkapkan pentingnya untuk meningkatkan kesadaran politik bagi generasi muda Indonesia. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, TASIKMALAYA -- Anggota Komisi X DPR RI Ferdiansyah mengungkapkan pentingnya untuk meningkatkan kesadaran politik bagi generasi muda Indonesia. Hal itu ia sampaikan saat mengisi program Parlemen Kampus 2023 yang di selenggarakan oleh Biro Humas dan Protokol Sekretariat Jenderal (Setjen) DPR RI di kampus STIA YPPT Priatim, Tasikmalaya, Senin (11/12/2023). 

Menurut Ferdiansyah pendidikan politik menjadi tugas partai, namun ia menilai komponen masyarakat harus berperan dalam mensosialisasikan pentingnya menggunakan hak pilih, karena manfaatnya akan di rasakan oleh masyarakat. "Pendidikan politik jangan di artikan sempit, karena pendidikan politik merupakan sebuah kebijakan publik yang memang bisa berpengaruh, bisa bermanfaat kepada masyarakat," ujarnya.

Baca Juga

Misalnya diantaranya sila ke-4 daripada Pancasila dalam konteks musyawarah untuk mufakat yaitu untuk kepentingan rakyat atau kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan. "Itu yang intinya kan jadi melalui wakil-wakilnya inilah rakyat meminta supaya untuk membuat kebijakan yang berpihak kepada rakyat," ucap Legislator Fraksi Partai Golkar ini.

Politikus Dapil Jawa Barat XI ini juga mengimbau kepada pihak kampus bahwa kegiatan ini bukan berenti di sini, ini sebagai awalan untuk menindaklanjuti kepada siapa yang di wakili atau mewakili perguruan tinggi untuk hadir sebagai peserta parlemen kampus program dari Kesetjenan DPR RI.

"Untuk mewujudkan visi Indonesia emas jangan hanya terpukau atau terbelenggu dengan pendidikan formal, juga mendorong untuk pendidikan non formal dan pendidikan informal," ungkap Ferdi.