AIPA Dorong Rusia Komitmen Laksanakan Piagam PBB

AIPA menghighlight mengenai komitmen Rusia untuk dapat menjaga ketertiban dunia.

Rabu , 09 Aug 2023, 16:31 WIB
Anggota BKSAP DPR RI Agustina Wilujeng Pramesti saat foto bersama usai memimpin pertemuan dengan Parlemen Rusia selaku observer dalam Sidang Umum AIPA ke-44 di Jakarta.
Foto: DPR
Anggota BKSAP DPR RI Agustina Wilujeng Pramesti saat foto bersama usai memimpin pertemuan dengan Parlemen Rusia selaku observer dalam Sidang Umum AIPA ke-44 di Jakarta.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Parlemen Asean yang tergabung dalam ASEAN Inter-Parliamentary Assembly (AIPA) dalam pertemuan delegasi AIPA dengan negara Rusia selaku observer dalam Sidang Umum AIPA ke-44 mendorong Rusia untuk berkomitmen melaksanakan Piagam PBB dan Piagam Asean. Hal ini sejalan dengan tema diskusi pertemuan yang bertemakan 'Parliamentary Cooperation: Shared Commitments for Peace, Stability and Prosperity' yang dipimpin oleh Anggota Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) DPR RI Agustina Wilujeng Pramesti.

"Bagaimana komitmen untuk melaksanakan piagam PBB dan Piagam ASEAN dan tentu saja dengan gerakan AIPA itu sejauh mana Rusia melaksanakannya? Dan sudah disampaikan bahwa mereka tetap berkomitmen dan sepertinya hampir semua delegasi memberikan highlight mengenai komitmen Rusia untuk dapat menjaga ketertiban dunia," jelasnya pada Parlementaria seusai memimpin rapat di Senayan, Jakarta, Rabu (9/8/2023), dikutip dari laman resminya.

Baca Juga

Kemudian, pertemuan tersebut juga membahas mengenai kerja sama yang telah dilakukan oleh anggota negara Asean dengan Rusia seperti pada bidang pendidikan, kesehatan, pariwisata dan perdagangan yang sempat terhenti karena adanya pandemi Covid-19. "Ini adalah sebuah pertemuan yang luar biasa dan akan menyambung kembali berbagai macam hubungan yang selama ini berhenti," ungkapnya.

Beberapa negara Asean yang memiliki kegiatan internasional dalam waktu dekat ini juga menyampaikan undangannya. "Tadi ada pertemuan parlemen, kemudian ada woman congress, beberapa juga ada yang terinformasi kepada kita. Ini akan mempererat hubungan dan kemudian meningkatkan kerjasama diantara negara-negara yang tergabung di dalam AIPA maupun negara-negara yang selama ini melakukan observasi terhadap kegiatan-kegiatan AIPA maupun kegiatan-kegiatan ASEAN," ujarnya.