Komisi X Apresiasi Kontingen Indonesia di FISU World University Games Chengdu

Kontingen Indonesia meraih tujuh medali dari FISU World University Games Chengdu 2021

Senin , 07 Aug 2023, 17:22 WIB
Ketua Komisi X DPR RI Syaiful Huda mengapresiasi prestasi kontingen Indonesia yang mencatatkan rekor di FISU World University Games Chengdu 2021 yang dihelat pada tahun 2023, yaitu dengan meraih tujuh medali yang menjadi capaian tertinggi sepanjang partisipasi di kejuaraan itu.
Foto: DPR RI
Ketua Komisi X DPR RI Syaiful Huda mengapresiasi prestasi kontingen Indonesia yang mencatatkan rekor di FISU World University Games Chengdu 2021 yang dihelat pada tahun 2023, yaitu dengan meraih tujuh medali yang menjadi capaian tertinggi sepanjang partisipasi di kejuaraan itu.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Komisi X DPR RI Syaiful Huda mengapresiasi prestasi kontingen Indonesia yang mencatatkan rekor di FISU World University Games Chengdu 2021 yang dihelat pada tahun 2023, yaitu dengan meraih tujuh medali yang menjadi capaian tertinggi sepanjang partisipasi di kejuaraan itu.

“Saya ucapkan selamat kepada kontingen Indonesia. Di tengah berbagai keterbatasan, teman-teman tetap bersemangat dan bisa berprestasi. Semoga di tahun berikutnya bisa terus ditingkatkan atau paling tidak mempertahankan prestasi saat ini,” kata Huda di Jakarta, Senin (3/8/2023).

Prestasi kontingen Indonesia itu meraih sebanyak tujuh medali dari pekan olahraga mahasiswa atau FISU World University Games Chengdu 2021, terdiri dari empat medali emas dan tiga perak. Pekan olahraga itu berlangsung mulai 28 Juli di Chengdu, China.

Huda meminta agar Kemendikbudristek mengalokasikan anggaran lebih banyak untuk melakukan pembinaan atlet di tingkat pendidikan. Selain itu menyiapkan kompetisi olahraga di berbagai jenjang secara serius agar para pelajar dan mahasiswa punya pengalaman bertanding yang cukup.

“Manajemen talenta olahraga sejak dini lebih penting dibanding sibuk mengurusi yang sudah di level tengah," ujarnya.

Politisi PKB itu juga meminta agar Kemendikbudristek bekerja sama dengan Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) untuk menyediakan beasiswa khusus berbasis prestasi olahraga. Langkah itu menurut dia, bertujuan agar talenta olahraga bisa kuliah di perguruan tinggi yang memiliki keahlian dalam membina atlet di cabang olahraga tertentu.

“Bayangkan saja kalau Indonesia bisa menyediakan kuota 2.000 beasiswa khusus dengan basis prestasi olahraga. Saya yakin dalam waktu singkat kita sudah bisa melihat hasilnya,” katanya.

Dalam pekan olahraga tersebut, Indonesia mengirimkan kontingen yang terdiri atas 51 atlet, 19 pelatih, dan 7 ofisial, yang mengikuti delapan dari 18 cabang olahraga yang dipertandingkan. Sementara itu, delapan cabang olahraga yang diikuti adalah wushu, taekwondo, judo, atletik, renang, bulu tangkis, rowing, dan tenis.

Lumbung medali Indonesia berasal dari tim wushu. Medali emas diraih Nandhira Mauriskha (dua emas), Tharisa Dea Florentina (satu emas), dan Laksmana Pandu Pratama (satu emas). Sementara medali perak disumbang Edgar Xavier Marvelo (dua perak) dan Bintang R Nada Guitara (satu perak).