56 Desa di Kalbar akan Dialiri Listrik, Lasarus Minta Desa Ketungau Juga Dialiri

Menurut Ketua Komisi V DPR RI Lasarus listrik masih jadi barang mewah di Ketungau

Jumat , 26 Aug 2022, 22:36 WIB
Menurut Ketua Komisi V DPR RI Lasarus listrik masih jadi barang mewah di Ketungau.
Foto: DPR RU
Menurut Ketua Komisi V DPR RI Lasarus listrik masih jadi barang mewah di Ketungau.

 

 

Baca Juga

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Ketua Komisi V DPR RI Lasarus mengapresiasi rencana Perusahaan Listrik Negara (PLN) yang akan mengaliri listrik ke 56 desa di Provinsi Kalimantan Barat (Kalbar) pada tahun ini. Namun diharapkan program tersebut dapat ditingkatkan jumlahnya sehingga listrik juga bisa dinikmati oleh masyarakat 71 desa daerah Ketungau di perbatasan Indonesia-Malaysia.

"Tolong listriki juga desa-desa di daerah Ketungau. Jangan sampai saudara-saudara kita yang tinggal di daerah perbatasan Indonesia-Malaysia itu merasa tidak diperhatikan. Hingga saat ini mayoritas desa di sana masih belum teraliri listrik," ujar Lasarus kepada wartawan, Jumat (26/8/2022) di Jakarta.

Legislator daerah pemilihan Kalbar II itu mengatakan sebelumnya permohonan pengaliran listrik di daerah Ketungau yang terdiri atas Kecamatan Ketungau Hilir, Ketungau Tengah, dan Ketungau Hulu telah disampaikannya kepada Pemerintah pusat melalui kementerian/lembaga terkait dan PT PLN (Persero). "Karena memang sejauh ini masalah listrik masih tergolong seperti barang mewah bagi masyarakat Ketungau khususnya. Untuk itu pemerintah melalui PLN harus segera mempercepat pembangunan dan perluasan jaringan listrik di sana," pintanya.

Sebelumnya, Unit Pelaksana Proyek Ketenagalistrikan (UP2K) PLN Kalbar menyatakan sepanjang tahun 2022 PLN akan mengalirkan listrik ke 56 desa di Kalbar dengan total anggaran lebih kurang Rp 197 miliar.

"Di tahun ini kami akan melistriki 37 desa/dusun baru yang sebelumnya belum berlistrik, dan 19 desa/dusun lama yang perlu dilakukan perluasan jaringan sehingga semakin banyak masyarakat yang dapat menikmati listrik dari PLN," ungkap Manager UP2K PLN Kalbar, Dasrulsyah.