Legislator Usulkan Vaksin Booster untuk Pejabat Publik

Selain nakes, para pejabat publik dan petugas publik juga perlu diberikan booster.

Jumat , 27 Aug 2021, 11:33 WIB
Ketua Satgas Penegakan Disiplin Protokol Kesehatan Covid-19 DPP Partai Golkar Emanuel Melkiades Laka Lena.
Foto: Istimewa
Ketua Satgas Penegakan Disiplin Protokol Kesehatan Covid-19 DPP Partai Golkar Emanuel Melkiades Laka Lena.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Ketua Komisi IX DPR, Emanuel Melkiades Laka Lena, mendorong agar seluruh tenaga kesehatan (nakes) segera menerima vaksin dosis booster. Selain nakes, Melki memandang para pejabat publik dan petugas publik juga perlu diberikan vaksin dosis booster.

Namun, menurut dia, hal itu bisa dilakukan setelah vaksinasi untuk nakes selesai. "Masuk dalam keterangan saya di atas petugas dan pejabat publik yang sering ketemu orang dan mengurus covid perlu divaksin booster juga risikonya mirip dengan nakes," kata dia dalam keterangannya kepada Republika.co.id, Jumat (27/8).

Menurut Melki, vaksin booster atau dosis ketiga penting untuk memperkuat imunitas seluruh nakes dalam melaksanakan tugasnya sehari-hari. "Hari ini sudah 30-an persen dan mudah-mudahan dalam waktu yang tidak lama lagi seluruh nakes sudah bisa di-booster untuk mendapatkan vaksinasi ketiga," kata Melki.

 

Melki menambahkan, termasuk para wartawan juga perlu diberikan booster. Hal tersebut mengingat wartawan dalam menjalankan tugasnya sering bertemu banyak orang. "Kita mendorong agar petugas publik akan diberikan booster sehingga mereka mendapatkan proteksi yang baik dan tetap melayani masyarakat dengan baik," ucapnya.