Selasa, 22 Rabiul Awwal 1441 / 19 November 2019

Selasa, 22 Rabiul Awwal 1441 / 19 November 2019

Wakil Ketua DPR Harap Harga Sembako Stabil Jelang Ramadhan

Sabtu 12 Mei 2018 13:10 WIB

Rep: Ali Mansur/ Red: Karta Raharja Ucu

Wakil Ketua DPR RI Taufik Kurniawan.

Wakil Ketua DPR RI Taufik Kurniawan.

Foto: DPR RI
Jangan sampai ada kelangkaan pangan yang dibutuhkan masyarakat.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Ketua DPR RI, Taufik Kurniawan berharap tak ada kenaikan harga pangan menjelang Ramadhan dan Lebaran. Menurutnya, selama ini ada kecenderungan harga pangan naik dan langka ketika jelang puasa dan mendekati lebaran.

Di tengah kondisi ekonomi masyarakat saat ini, kenaikan harga pangan tentu sangat berpengaruh. Jelang puasa yang tak lama lagi, pemerintah harus pastikan harga pangan stabil, dan tersedia di pasaran. "Jangan sampai ada kelangkaan pangan yang dibutuhkan masyarakat," kata Taufik dalam siaran pers yang diterima Republika.co.id, Sabtu (12/5).

Taufik menilai, operasi pasar bisa menjadi salah satu solusi untuk menstabilkan harga pangan. Di sisi lain ketegasan pemerintah untuk menertibkan agen atau pedagan nakal yang manaikkan harga ataupun menimbun komoditas, juga diperlukan. Kebutuhan masyarakat harus dibutuhkan.

"Kadang ada saja agen atau pedagang nakal yang memainkan harga pangan, karena mereka berpikir permintaan sedang tinggi, sehingga harga dinaikkan. Ini harus menjadi perhatian pemerintah juga," ucap politikus PAN itu.

Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution memastikan harga pangan akan tetap stabil saat memasuki Ramadhan dan Idul Fitri 2018. Menurut dia, harga pangan hanya mengalami inflasi sebesar satu persen saja. "Harga pangan tidak ada masalah. Jadi waktu kemarin inflasi harga pangan itu negatif, enggak banyak, tapi cuma 1 koma berapa persen," ujar Darmin di Riau, Rabu (9/5).

Bahkan, Darmin menyebut ada beberapa komoditi pangan yang harganya akan terus turun saat memasuki bulan Ramadan hingga Idul Fitri.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 
 
Terpopuler