DPR Harapkan Hubungan Indonesia-Zimbabwe Lebih Erat Lagi

Kamis , 01 Dec 2016, 17:48 WIB
Gedung DPR
Foto: liranews.com
Gedung DPR

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Ketua BKSAP (Badan Kerjasama Antar Parlemen), Rofi Munawar berharap hubungan kerjasama antara Indonesia dan Zimbabwe dapat berlangsung lebih erat lagi. Hal tersebut diunkapkannya saat menerima kunjungan Duta besar Republik Zimbabwe, Alice Mageza di ruang rapat BKSAP, Senayan Jakarta, Kamis (1/12).

 

“Sejalan dengan komitmen pemerintah Indonesia untuk meningkatkan investasi beberapa negara, maka kami menilai perlunya hubungan kerjasama yang lebih erat lagi dengan Zimbabwe. Termasuk hubungan kerjasama DPR dengan Parlemen Zimbabwe. Oleh karena itu kami berencana akan mengunjungi negara tersebut,” ujar Rofi.

 

Sementara itu Duta Besar Zimbabwe mengatakan bahwa sejatinya hubungan kerjasama antara kedua negara tersebut telah berlangsung sejak lama. Bahkan antara Indonesia dengan Zimbabwe juga telah membuat beberapa kesepakatan yang tertuang dalam MoU (Memorandum of Understanding). Sayangnya kesepakatan itu belum sepenuhnya terlaksana alias belum ditindaklanjuti.

 

Diantara kesepakatan itu adalah mendukung pemberantasan korupsi, meningkatkan industri pariwisata yang telah dibuktikan dengan adanya bebas visa bagi wisatawan asal Zimbabwe. Pemerintah Zimbabwe juga telah mengundang warganya untuk mengunjungi Indonesia. Selain itu masalah pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak juga menjadi salah satu hal yang tertuang dalam kesepakatan tersebut.

 

Baik Rofi maupun Alice berharap agar segala kesepakatan tersebut dapat segera ditindaklanjuti dan dijalankan dengan baik. Keduanya juga mencoba menjajaki dibentuknya GKSB (grup kerjasama bilateral) antara DPR dan Parlemen Zimbabwe.

Sumber : pemberitaan DPR