Komisi X Dukung Upaya Sulut Tingkatkan Pariwisata Daerah

Kamis , 03 Nov 2016, 13:00 WIB
Snorkeling di Taman Laut Bunaken sambil bercengkrama dengan ikan-ikan cantik.
Foto: REPUBLIKA/Asep Nurzaman
Snorkeling di Taman Laut Bunaken sambil bercengkrama dengan ikan-ikan cantik.

REPUBLIKA.CO.ID, MALUKU -- Wakil Ketua Komisi X DPR RI, Utut Adianto mendorong peningkatan pariwisata di Provinsi Sulawesi Utara. Hal tersebut dikemukakan dalam kunjungan kerja Komisi X ke Sulut, Senin (31/10).

"Saya melihat ada potensi besar di sektor Pariwisata daerah ini. Tidak hanya Bunaken, namun seperti yang tadi kita lihat, selat Lembeh juga sangat berpotensi untuk dijadikan wisata unggulan daerah ini. Namun sayangnya selama ini belum terekspose dengan baik," ujar Utut.

Meski demikian, lanjut Utut, dengan kreativitas dari Gubernur berhasil meningkatkan wisatawan. Dalam waktu dua setengah bulan mampu mendatangkan sekitar tiga puluh ribu turis baru asal Cina. Hal ini menurut Utut sebuah prestasi tersendiri dari gubernur.

Menurut dia, Pemprov Sulut sudah cukup jeli mendorong sektor pariwisata daerahnya. Sulut memiliki pantai, gunung, kultur yang juga terbuka, tidak anti suku tertentu. "Sekarang bagaimana agar upaya Gubernur untuk meningkatkan sektor pariwisata didaerahnya tersebut dapat terus berjalan dengan baik. Kami di DPR tentu akan terus mendorong hal tersebut lewat peningkatan anggaran pariwisata, terutama untuk destinasi wisata baru," kata dia.

Wakil Ketua Komisi X DPR lainnya, Ferdiansyah menilai untuk meningkatkan sektor pariwisata juga harus didukung dengan sumber daya manusia (SDM) yang memadai. Hal tersebut juga harus disiapkan sejak dini. Peningkatan SDM tentu tidak bisa terlepas dari bidang pendidikan tinggi.

"Bagi sektor pariwisata, penyiapan sumber daya manusia juga sangat penting. Hal ini terkait juga dengan dunia pendidikan tinggi. Penyiapan tentang SDM ini harus dilakuan secara sistematis dan bertahap dengan sangat  matang. Dengan demikian ketika pengembangan fasilitas dan infrastruktur di sektor Pariwisata,SDM untuk sektor tersebut pun sudah siap mengiringi," kata Ferdi.

Sumber : pemberitaan DPR