DPR: Perkuat Budaya Pengurangan Risiko Bencana

Selasa , 13 Oct 2015, 22:12 WIB
Abdul Fikri
Foto: ist
Abdul Fikri

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Anggota Komisi VIII DPR RI, Abdul Fikri Faqih menekankan pentingnya budaya pengurangan risiko bencana. Alasannya jelas, Indonesia memiliki potensi besar bencana.

Menurutnya potensi bencana di Indonesia beraneka macam, mulai dari ancaman letusan gunung api, gempa bumi, dan banjir. Belum lagi bencana semisal tsunami, kebakaran hutan, dan lahan serta kabut asap yang hingga sekarang belum teratasi dengan baik. 

"Karena itu, budaya pengurangan risiko bencana harus diperkuat,” kata Fikri di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Selasa (13/10).

Paradigma baru tentang penanggulangan bencana menitik beratkan pada pentingnya penanganan bencana secara terpadu. Berdasarkan hal itu, pada Tahun 2009 UNISDR (United Nations International Strategy for Disaster Reduction) menetapkan tanggal 13 Oktober sebagai Hari Peringatan Pengurangan Risiko Bencana Internasional (International Day for Disaster Risk Reduction).

“Penanganan bencana tidak bisa jika hanya dilakukan oleh satu pihak saja. Perlu ada upaya dan dukungan kolektif dari semua sektor baik pemerintah, pelaku usaha, maupun masyarakat,“ kata legislator asal Fraksi PKS ini.

Peningkatan kesadaran akan pentingnya pengurangan risiko bencana secara kolektif diharapkan dapat berdampak pada terarahnya program-program penanggulangan bencana di Indonesia.