DPR Siap Bantu TNI Beli Alutsista Baru

Sabtu , 04 Jul 2015, 13:19 WIB
Tantowi Yahya
Foto: Republika/ Tahta Aidilla
Tantowi Yahya

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Ketua Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat (DPR RI) Tantowi Yahya mengatakan akan membantu TNI dalam pengadaan alutsista baru. DPR juga sudah tidak lagi mendorong TNI membeli alat tempur bekas.

"Kita tidak lagi mendorong TNI membeli barang bekas, kita akan bantu untuk membeli alutsista yang baru," kata Tantowi ketika diskusi bertajuk 'Hercules dan Ironi Alutista TNI' di Cikini, Jakarta Pusat, Sabtu (4/7).

Tantowi menilai bila membeli alat bekas akan terjadi masalah serupa seperti kecelakaan pesawat Hercules C-130 di Medan. Menurut Tantowi, prajurit TNI pun akan merasa tidak nyaman menggunakannya.

"Kecelakaan ini akan menimbulkan keguncangan moral serta efek interen bagi prajurit. Dorongan kita agar TNI memodernisasi alutsista," ujar Tantowi.

Tantowi menambahkan, DPR akan membantu meloloskan anggaran TNI agar lebih besar melalui politik anggaran. Hal itu untuk menghindari kembali kecelakaan pesawat yang menewaskan putera terbaik bangsa.

"Kita bantu politik anggaranya agar hal serupa tidak terjadi. Kalau mobil mogok berhenti tak apa-apa. Tapi kalau pesawat dia mogok, fatal akibatnya," kata Tantowi.

Sebelumnya, pesawat Hercules C-130 mengalami kecelakaan di Jalan Jamin Ginting, Medan, Sumatera Utara. Pesawat tersebut jatuh dan menimpa bangunan ruko di Medan.