Israel Meradang Hizbullah Rilis Video Kompleks Militer, Siap All Out Lawan Hizbullah

Video tersebut konon diambil dengan pesawat tak berawak.

Saudi Gazette
Lokasi permukiman Israel dalam video yang dirilis Hizbullah.
Red: Ani Nursalikah

REPUBLIKA.CO.ID, BEIRUT -- Israel memperingatkan Hizbullah tentang prospek perang habis-habisan (all out) setelah kelompok pejuang Lebanon tersebut menerbitkan video berdurasi sembilan menit yang menunjukkan lokasi militer dan sipil Israel di beberapa kota Israel. Video tersebut konon diambil dengan pesawat tak berawak.

“Kami semakin dekat dengan keputusan mengubah aturan main melawan Hizbullah dan Lebanon. Dalam perang habis-habisan, Hizbullah akan dihancurkan, dan Lebanon terpukul parah,” Menteri Luar Negeri Israel Israel Katz mengatakan dalam sebuah pernyataan di X, Selasa (19/6/2024).

Baca Juga

BACA JUGA: Seteru Rhoma dan Bahar Bin Smith, Teringat Sentilan Imaduddin Soal Keturunan Nabi

Dilansir di Saudi Gazette, Rabu (19/6/2024), bagian dari rekaman Hizbullah diklaim menunjukkan Krayot, permukiman padat penduduk di utara kota Haifa Israel dan 28 km selatan perbatasan Lebanon, bersama dengan mal dan gedung-gedung tinggi. Video itu disebut direkam pada siang hari.

Bagian lain diklaim menunjukkan kompleks militer di dekat Haifa milik produsen senjata Israel Rafael. Lokasi kompleks militer termasuk baterai Iron Dome, tempat penyimpanan rudal dan lokasi radar serta kapal militer, kapal dan depot penyimpanan minyak di pelabuhan Haifa.

Publikasi video tersebut dilakukan setelah berbulan-bulan mengintensifkan serangan lintas batas antara Hizbullah dan Israel setelah serangan Hamas pada 7 Oktober, dan kampanye militer berikutnya oleh Pasukan Pertahanan Israel di Gaza.

Baca di halaman selanjutnya...

Dalam tanggapannya, Katz juga menggarisbawahi dampak global dari setiap potensi serangan terhadap Haifa. “(Sekretaris Jenderal Hizbullah Hassan) Nasrallah hari ini membual bahwa dia memotret pelabuhan Haifa, yang dioperasikan oleh perusahaan internasional besar dari Cina dan India, dan mengancam akan merusaknya,” katanya.

AS dan sekutunya selama berbulan-bulan telah memperingatkan Hizbullah agar tidak meningkatkan konflik di Israel. Ketegangan meningkat dalam beberapa pekan terakhir.

BACA JUGA: Kisah Dakwah Ulama di 'Kampung Maling'

Analisis CNN telah melakukan geolokasi video tersebut ke sejumlah lokasi di sekitar Haifa. Lokasi-lokasi tersebut mencakup sejumlah daerah sensitif, termasuk setidaknya dua instalasi militer: sebuah pangkalan di Haifa utara dan pelabuhan Haifa. Drone tersebut juga terbang di atas tangki minyak yang berada di utara Haifa, bandara Haifa, dan beberapa daerah permukiman.

CNN juga menganalisis bayangan dalam video tersebut, yang menunjukkan misi drone di Haifa berlangsung beberapa jam atau berlangsung selama beberapa hari. Analisis menunjukkan bagian-bagian video telah dipercepat.

Pakar senjata Wim Zwijnenburg, pemimpin proyek perlucutan senjata kemanusiaan di organisasi perdamaian Belanda PAX, mengatakan kepada CNN bahwa drone yang terlihat dalam rekaman tersebut tampaknya adalah model Qasaf-2k asal Iran. Drone tersebut kemungkinan diproduksi secara lokal.

Baca di halaman selanjutnya...

Wali Kota Haifa, Yona Yahav menggambarkan video tersebut sebagai teror psikologis dan menuntut rencana perlindungan bagi kotanya. Dia mengkritik komandan tentara Israel (IDF) karena tidak mengunjungi Haifa sejak serangan Hamas pada 7 Oktober.

“Saya menuntut pemerintah menyampaikan rencana pertahanan besar-besaran di Haifa dan menemukan solusi militer untuk menghilangkan ancaman yang ditimbulkan dari utara,” kata Yahav kepada stasiun radio Israel Reshet Bet.

BACA JUGA: Hotel di Jepang Tolak Warga Israel Terkait Kejahatan Perang IDF di Gaza

CNN telah menghubungi IDF untuk mengomentari video tersebut.

Hizbullah mengklaim video tersebut adalah episode pertama yang menunjukkan akan ada lebih banyak video yang muncul dari dalam wilayah Israel.

Seorang anggota parlemen Hizbullah di parlemen Lebanon yang merujuk pada video tersebut di postingan media sosialnya juga menyatakan akan ada lebih banyak lagi yang akan terjadi.

“Ini adalah apa yang diumumkan oleh partai (Hizbullah) dan Anda lihat, namun apa yang tersembunyi semakin besar dan semakin besar! Haifa dan seterusnya, seterusnya, dan melampaui Haifa,” kata Ibrahim Mousawi dalam postingannya.

Baca di halaman selanjutnya...

Pesannya tampaknya merujuk pada ungkapan yang diciptakan oleh Nasrallah selama perang Israel-Hizbullah tahun 2006, ketika dia mengatakan kelompok militan tersebut akan menembakkan roket ke Haifa dan sekitarnya.

Israel telah bersiap menghadapi kemungkinan kegagalan upaya diplomatik untuk mengurangi permusuhan dengan Hizbullah. Rilis rekaman tersebut terjadi ketika militer Israel mengatakan mereka telah menyetujui dan memvalidasi rencana operasional untuk serangan di Lebanon dan membuat keputusan meningkatkan kesiapan pasukan di lapangan.

BACA JUGA: Bahar Smith Murka ke Rhoma Irama Soal Ajaran Habib Nyeleneh

Rencana tersebut disetujui oleh komandan Komando Utara dan kepala Direktorat Operasi selama penilaian situasi bersama untuk mempersiapkan kelanjutan pertempuran, kata IDF dalam sebuah pernyataan.

Persetujuan atas rencana operasional tersebut tidak berarti perang antara Israel dan Hizbullah akan segera terjadi. Namun, hal ini menandakan Israel bermaksud siap menghadapi skenario seperti itu.

Hizbullah telah menembakkan lebih dari 5.000 roket, rudal, dan drone ke Israel utara sejak 7 Oktober. Hizbullah mengklaim serangan mereka merupakan bentuk solidaritas terhadap rakyat Palestina.

Hizbullah pernah mengatakan di masa lalu bahwa mereka hanya akan berhenti menembaki Israel jika Israel menghentikan perang di Gaza.

Sementara itu, Israel telah melakukan ratusan serangan di Lebanon dan mengevakuasi sekitar 60 ribu penduduk dari perbatasan utara. Lebih dari 90 ribu warga Lebanon juga telah meninggalkan rumah mereka di daerah tersebut.

 
Berita Terpopuler