Gara-Gara BTS Korsel dan Korut Bakal Perang?

Korsel dan Korut tengah dalam perang dingin di perbatasan.

X
Jin BTS berpose saat mengikuti wajib militer pada awal 2024 ini.
Red: Fitriyan Zamzami

REPUBLIKA.CO.ID, SEOUL – Grup K-Pop BTS tengah berada di tengah ketegangan antara Korea Selatan dan Korea Utara. Tidak, ini bukan soal salah satu anggotanya, Jin, yang akan menyelesaikan wajib militer. BTS bahkan tak hadir secara fisik dalam sengketa itu.

Baca Juga

Namun belakangan, pengeras suara raksasa Korea Selatan terus menggelegarkan musik BTS ke arah Korea Utara di perbatasan wilayah zona demiliterisasi. Sementara Korea Utara membalas dengan mengirimkan balon udara raksasa yang menjatuhkan kotoran, puntung rokok, dan limbah baterai. 

Hari demi hari, kampanye ala Perang Dingin namun aneh terus berlanjut di perbatasan yang dijaga ketat oleh kedua negara yang belum melakukan pembicaraan serius selama bertahun-tahun.

Pada Ahad kemarin, Korea Selatan mengerahkan kembali pengeras suara raksasanya di sepanjang perbatasan untuk pertama kalinya dalam enam tahun dan melanjutkan siaran propaganda anti-Pyongyang. Siaran tersebut dilaporkan mencakup mega-hit sensasi K-pop BTS seperti “Butter” dan “Dynamite,” prakiraan cuaca dan berita tentang Samsung, perusahaan terbesar Korea Selatan, serta kritik dari mancanegara terhadap program rudal Korea Utara dan tindakan kerasnya terhadap video asing.

Para pejabat Korea Selatan mengatakan bahwa siaran-siaran yang memekakkan telinga ini merupakan pembalasan terhadap serangkaian peluncuran balon yang dilakukan Korea Utara baru-baru ini yang membuang sampah ke Korea Selatan, meskipun negara tersebut tidak mengalami kerusakan besar. 

Korea Utara mengatakan kampanye balon udara yang mereka lakukan adalah aksi balas dendam terhadap para aktivis Korea Selatan yang menyebarkan selebaran politik yang mengkritik kepemimpinan mereka di seberang perbatasan.

Korea Utara memandang siaran garis depan Korea Selatan dan kampanye selebaran sipil sebagai provokasi besar karena negara tersebut melarang akses terhadap berita asing bagi sebagian besar dari 26 juta penduduknya.

Menurut para pejabat Korea Selatan, Korea Utara juga telah memasang kembali pengeras suara propagandanya di dekat perbatasan, namun hingga Selasa pagi, negara tersebut belum menyalakannya. Siaran Korea Utara di masa lalu hanya berkisar pada pujian terhadap sistem mereka dan kecaman keras terhadap Korea Selatan.

Balon pembawa sampah, yang diterbangkan Korea Utara semalaman, mendarat di sawah di daerah perbatasan barat laut Ganghwa, Korea Selatan, 10 Juni 2024. - (EPA-EFE/YONHAP SOUTH KOREA OUT)

Kegiatan balon dan siaran melalui pengeras suara merupakan salah satu perang psikologis yang kedua negara sepakat untuk dihentikan pada 2018. Selama Perang Dingin, Korea Selatan juga menggunakan papan reklame elektronik yang menjulang tinggi, mengingatkan pada tanda “Hollywood” di dekat Los Angeles, sementara Korea Utara memasang papan nama dengan pesan berbunyi: “Mari Kita Bentuk Negara Konfederasi!”

Pelantang siapa yang lebih baik?

Pejabat Korea Selatan sebelumnya mengatakan siaran dari pengeras suara mereka dapat menempuh jarak sekitar 10 kilometer pada siang hari dan 24 kilometer pada malam hari. Mereka mengatakan siaran-siaran Korea Utara di masa lalu dari pengeras suara tidak terdengar jelas di wilayah Korea Selatan.

Beberapa tentara garis depan Korea Utara bersaksi setelah pembelotan mereka ke Korea Selatan bahwa mereka menikmati siaran Korea Selatan yang berisi lagu-lagu pop dan ramalan cuaca akurat yang memperingatkan potensi hujan dan menyarankan mereka untuk mengumpulkan cucian yang digantung di tali jemuran luar ruangan.

Pada 2015, ketika Korea Selatan memulai kembali siaran melalui pengeras suara untuk pertama kalinya dalam 11 tahun, Korea Utara menembakkan peluru artileri melintasi perbatasan, sehingga mendorong Korea Selatan untuk membalas tembakan, menurut pejabat Korea Selatan. Tidak ada korban jiwa yang dilaporkan.

 

Bisakah lagu K-Pop mengguncang Korea Utara?

Para ahli dan pembelot mengatakan K-Pop dan produk budaya pop Korea Selatan lainnya seperti film dan drama TV telah muncul sebagai tantangan bagi kepemimpinan Korea Utara karena produk tersebut semakin populer di kalangan masyarakat.

Sejak pandemi ini, Kim telah mengintensifkan kampanye untuk menghilangkan pengaruh budaya pop dan bahasa Korea Selatan di antara penduduknya dalam upaya untuk memperkuat pemerintahan dinasti keluarganya.

Daftar putar pengeras suara Korea Selatan yang disiarkan pada 2016 memuat lagu-lagu penyanyi wanita muda, IU, yang suaranya lembut dan menenangkan diyakini dimaksudkan untuk melemahkan semangat tentara pria garis depan Korea Utara.

Korea Utara lebih toleran terhadap budaya pop Korea Selatan ketika hubungan keduanya menghangat di masa lalu. Selama periode pemulihan hubungan yang singkat pada 2018, Korea Utara mengizinkan beberapa bintang pop terbesar Korea Selatan mengunjungi ibu kotanya, Pyongyang, dan mengadakan pertunjukan yang jarang terjadi.

Tayangan TV Korea Selatan menunjukkan bahwa penonton Korea Utara tampaknya menikmati balada klasik yang dibawakan oleh penyanyi tetapi kurang antusias terhadap Red Velvet, grup vokal wanita K-pop yang terkenal dengan vokal ceria, bernada tinggi, dan koreografi seksi. Kim memuji konser tersebut, dan dilaporkan menyebutnya sebagai “hadiah untuk warga Pyongyang.”

Bisakah terjadi perang?... baca dihalaman sebelumnya

 

Ada kekhawatiran bahwa perang psikologis model lama ini meningkatkan risiko bentrokan militer langsung antara kedua Korea, yang keduanya telah dengan jelas menyatakan bahwa mereka tidak lagi terikat oleh perjanjian pengurangan ketegangan pada tahun 2018.

Diplomasi antara kedua negara masih tergelincir sejak diplomasi nuklir AS-Korea Utara runtuh pada 2019. Jadi, akan sulit bagi kedua negara yang bersaing untuk melakukan pembicaraan sebagai jalan keluar untuk keluar dari siklus ketegangan yang saling balas dendam.

“Korea Selatan jelas mempunyai keuntungan dalam hal operasi informasi dan kemampuan militer konvensional, namun mereka juga akan mengalami kerugian jika terjadi bentrokan fisik,” kata Easley, sang profesor. “Meskipun rezim Kim rentan terhadap informasi dari luar, status nuklir yang diproklamirkan sendiri mungkin akan membuat negara ini terlalu percaya diri akan kemampuannya untuk melakukan kekerasan.”

Korea Utara dapat membalas dengan cara yang dapat menghindari serangan balik langsung, dengan menerapkan apa yang disebut taktik “zona abu-abu” di mana keterlibatannya tidak segera dikonfirmasi, kata Wang Son-taek, seorang profesor di Universitas Sogang di Seoul, dalam tulisannya baru-baru ini. kolom surat kabar.

Siaran pengeras suara Korea Selatan dilaporkan berlangsung selama dua jam pada Ahad, dan negara tersebut tidak menyalakan pengeras suara lagi pada hari Senin dan Selasa. Militer Korea Selatan menyatakan siap melancarkan serangan balasan yang kuat dan segera jika diserang.

“Pada titik ini, kedua Korea berusaha menekan dan menghalangi satu sama lain dengan tindakan simbolis politik,” kata Leif-Eric Easley, seorang profesor di Universitas Ewha di Seoul. “Masalahnya adalah tidak ada pihak yang ingin terlihat mundur, dan ketegangan di perbatasan dapat meningkat menjadi konflik yang tidak diinginkan.”

 
Berita Terpopuler