Timnas Indonesia U-20 Akui Ketangguhan Panama U-23 di Turnamen Toulon

Panama menekan dari sisi kanan Indonesia secara konstan.

ANTARA FOTO/Fakhri Hermansyah
Timnas Indonesia U-20
Red: Israr Itah

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tim nasional Indonesia U-20 harus mengakui ketangguhan Panama U-23 dengan skor 0-4 pada pertandingan kedua Grup B Turnamen Toulon 2024 yang digelar di Stadion Stade de Lattre de Tassignya, Aubagne, Perancis, Kamis (6/6/2024) malam WIB.

Memulai babak pertama, Garuda Nusantara mencoba mengendalikan ritme permainan dengan melancarkan serangan lewat dua lini sayap. Panama bermain cukup rapi di lini belakang dan mampu meladeni serangan-serangan yang dilancarkan oleh tim asuhan Indra Sjafri tersebut.

Panama memperoleh gol pada menit ke-21. Melalui skema serangan balik, Ikram Al Giffari mengantisipasi tembakan keras dari luar kotak penalti.

Bola liar diperoleh Alvarado yang langsung memberikan umpan kepada Angel Orelien yang terbebas tanpa pengawal. Orelien langsung melepaskan tembakan terukur ke gawang yang membawa Panama unggul 1-0.

Dalam kondisi tertinggal, Kadek Arel dan kawan-kawan mencoba bermain lebih menekan, tapi hingga wasit meniup peluit akhir babak pertama skor 0-1 masih tetap bertahan.

Memulai babak kedua, Panama bermain dengan menekan dari sisi kanan Indonesia secara konstan. Terus tertekan, Garuda Nusantara mencoba melancarkan serangan melalui skema serangan balik dari sektor sayap kiri.

Pada menit ke-57, kerja sama umpan satu dua antara Alvarado dan Orelien berbuah manis usai sepakan Orelien tak mampu dijangkau Ikram Algiffari dan membawa Panama unggul 2-0.

Pada menit ke-68, Angel Orelien mencatatkan trigol usai mampu mengonversi tendangan dari titik putih menjadi gol usai tendangannya gagal diblok oleh Ikram Algiffari. Skor 3-0 untuk keunggulan Panama.

Melalui tendangan sudut Figo Dennis melepaskan tembakan melengkung pada menit ke-76, tapi bola masih belum mampu melewati garis gawang usai diantisipasi Emerson Dimas. Tiga menit berselang, Arkhan Kaka lolos dari jebakan offside, tapi gagal menerima umpan terobosan yang langsung diamankan Emerson Dimas.

Pada menit ke-87, Panama melakukan umpan satu dua sentuhan di dalam kotak penalti Indonesia, Amable Pinzon yang tanpa pengawalan melepaskan tendangan melenggkung yang tak dapat dijangkau Ikram Algiffari untuk membawa Panama unggul 4-0.

Daftar Susunan pemain:

Baca Juga

Indonesia (4-3-3) : Ikram Algiffari (PG); Dony Pamungkas, Sulhan Zaky, Kadek Arel, Mufli Hidayat; Figo Dennis, Toni Firmansyah, Darel Valentino; Riski Afrisal, Jens Raven, Arlyansyah Abdulmanan.

Panama (4-3-3) : Emerson Dimas (PG); Rodrigo Tello Valor, Reyniel Perdomo, Orman Davis, Joel Guevara; Martin Moran, Ariel Arroyo, Angel Orelien, Davis Contreras, John Alvarado, Kahiser Lenis.

 
Berita Terpopuler