Akhirnya, Real Madrid Umumkan Kedatangan Kylian Mbappe

Real Madrid mengontrak Mbappe, yang berstatus free agent, selama lima musim.

AP Photo/Martin Meissner
Kylian Mbappe akan resmi menjadi pemain Real Madrid mulai Juli 2024 setelah kontraknya di PSG berakhir pada Juni.
Red: Israr Itah

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Penyerang timnas Prancis Kylian Mbappe akhirnya resmi bergabung dengan Real Madrid dengan status pemain bebas kontrak (free agent). Ia meneken kontrak lima tahun dengan raksasa La Liga itu, seperti diumumkan Madrid pada Senin (3/6/2024).

Baca Juga

Pengumuman ini mengakhiri saga transfer heboh selama bertahun-tahun yang melibatkan sang juara Eropa dengan salah satu pesepak bola top dunia saat ini.

“Real Madrid C.F. dan Kylian Mbappe telah mencapai kesepakatan di mana ia akan menjadi pemain Real Madrid untuk lima musim ke depan,” kata juara Spanyol itu dalam sebuah pernyataan, dikutip Reuters.

Mbappe membagikan foto-foto dirinya saat masih muda dengan kostum Real Madrid dan juga foto-foto saat bertemu dengan Cristiano Ronaldo di media sosialnya, tak lama setelah pernyataan klub.

“Mimpi yang menjadi kenyataan,” tulisnya. “Sangat senang dan bangga bisa bergabung dengan klub impian saya @realmadrid. Tidak ada yang bisa mengerti betapa senangnya saya saat ini. Tidak sabar untuk bertemu dengan kalian, Madridistas, dan terima kasih atas dukungan kalian yang luar biasa. Hala Madrid!”

Kapten tim nasional Prancis berusia 25 tahun itu telah mengumumkan bahwa ia akan meninggalkan Paris Saint-Germain (PSG) dalam sebuah video yang diposting di platform media sosial X pada 10 Mei lalu.

Mbappe akan pindah ke Real Madrid pada bulan Juli ketika kontraknya di PSG berakhir pada 30 Juni. Namun sang penyerang akan diperkenalkan sebelum bergabung dengan skuad Prancis untuk Piala Eropa di Jerman.

Mbappe bergabung dengan tim bertabur bintang di Madrid, termasuk pemain favorit untuk meraih Ballon d'Or, Vinicius Jr. dan Jude Bellingham. Ia akan bekerja dengan pelatih asal Italia, Carlo Ancelotti, sosok tersukses dalam sejarah Liga Champions dengan lima gelar sebagai juru taktik.

Mbappe punya resume ciamik dengan berkali kali memenangi trofi domestik yang tersedia di Prancis. Dia juga sudah memenangi Piala Dunia pada 2018. Trofi Liga Champions dan Piala Eropa akan melengkapi CV gemilangnya.

 

Mbappe meninggalkan...

Mbappe meninggalkan PSG setelah tujuh tahun di klub di mana ia memenangkan enam gelar Ligue 1 dan empat Piala Prancis. Mbappe mengakhiri kariernya di ibu kota Prancis sebagai pencetak gol terbanyak sepanjang masa dengan 256 gol.

Pemenang Piala Dunia 2018 ini mengejutkan PSG tahun lalu ketika ia mengirim surat yang menyatakan bahwa ia tidak akan mengambil opsi perpanjangan kontrak setahun saat kontraknya berakhir pada Juni.

Pemberitahuan tersebut menyebabkan kebuntuan dengan klub dan Mbappe dicoret dari skuad utama sebelum akhirnya dipulihkan.

Membiarkan Mbappe melewati tahun terakhir kontraknya berarti PSG tidak dapat memperoleh kembali biaya transfer sebesar 180 juta euro yang mereka bayarkan pada tahun 2017 untuk memboyongnya dari AS Monaco.

Ketika transfer tersebut selesai, Mbappe menjadi pemain termahal kedua sepanjang masa setelah mantan rekan setimnya di PSG, Neymar, yang didatangkan dengan harga 222 juta euro dari Barcelona pada tahun 2017.

Real Madrid telah mendekati Mbappe pada masa lalu, tetapi gagal mendapatkan sang pemain, yang menandatangani perpanjangan kontrak dengan PSG pada Mei 2022 ketika tawaran klub Spanyol itu ditolak.

Dengan bergabungnya Mbappe, klub ini dapat mengukuhkan dominasi mereka di La Liga, di mana mereka hanya kalah satu kali musim lalu untuk meraih gelar dengan selisih 10 poin. Madrid juga tidak terkalahkan di Liga Champions musim 2023/2024.

 
Berita Terpopuler