Southampton Kembali ke Liga Primer Inggris, Kalahkan Leeds pada Playoff Promosi

Southampton mengalahkan Leeds 1-0 lewat gol Adam Armstrong.

Nick Potts/PA via AP
Jack Stephens dari Southampton mengangkat trofi bersama rekan satu timnya setelah meraih promosi ke Liga Inggris usai mengalahkan Leeds United pada final play-off Championship di Stadion Wembley, London, Ahad 26 Mei 2024.
Red: Israr Itah

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Southampton hanya perlu semusim untuk kembali ke Liga Primer Inggris. The Saints akan berlaga di kompetisi sepak bola papan atas Inggris musim depan setelah mengalahkan Leeds United 1-0 pada final play-off promosi Divisi Championship di Stadion Wembley, London, Ahad (26/5/2024).

Baca Juga

Pada pertandingan ini kemenangan Southampton hadir berkat gol semata wayang yang dicetak Adam Armstrong pada babak pertama, demikian catatan FA.

Southampton akan menjadi tim ketiga dari Divisi Championship yang promosi ke Liga Primer Inggris musim depan. Sebelumnya Leicester City dan Ipswich Town memastikan diri lolos sebagai tim peringkat pertama dan kedua.

Secara statistik Leeds United sebenarnya mampu mendominasi jalannya pertandingan dengan mencatatkan 57 persen penguasaan bola. Namun Southampton bermain efektif dengan menciptakan satu-satunya gol.

Leeds mengambil inisiatif menyerang terlebih dahulu dan memiliki peluang lewat tendangan Wilfried Gnonto yang masih dapat diamankan kiper Alex McCarthy.

Selanjutnya giliran Soton yang menciptakan peluang lewat tendangan bebas William Smallbone yang dapat diselamatkan kiper Leeds Illan Meslier.

The Saints akhirnya mampu mencuri keunggulan terlebih dahulu lewat gol Adam Armstrong setelah memanfaatkan umpan William Smallbone sehingga skor berubah menjadi 1-0 pada menit 24.

Armstrong mendapatkan peluang untuk menggandakan keunggulan, akan tetapi kali ini upayanya dapat diamankan oleh Meslier.

Memasuki babak kedua, giliran Soton yang mengambil inisiatif menyerang terlebih dahulu. Namun upaya yang sempat mereka lakukan belum membuahkan hasil.

Leeds sempat menciptakan peluang emas untuk menyamakan kedudukan melalui tendangan Daniel James yang masih membentur mistar gawang Soton.

Pada sisa waktu pertandingan, Leeds terus berupaya untuk setidaknya menyamakan kedudukan, akan tetapi Soton dapat mempertahankan keunggulannya hingga peluit panjang dibunyikan.

 

 
Berita Terpopuler