Solo akan Jadi Tuan Rumah Piala AFF U-16, PSSI Ajukan Tiga Stadion

Dispora Solo mengosongkan jadwal penggunaan sejumlah stadion.

Muhammad Noor Alfian
Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Dispora) Kota Solo Rini Kusumandari.
Rep: Muhammad Noor Alfian Choir Red: Irfan Fitrat

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO — Kota Solo, Jawa Tengah, akan menjadi tuan rumah ajang sepak bola Piala AFF U-16, yang rencananya digelar pada 21 Juni-4 Juli 2024. Pemerintah Kota (Pemkot) Solo menunggu kedatangan tim AFF untuk melakukan persiapan.

Baca Juga

Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Dispora) Kota Solo Rini Kusumandari mengatakan, kabar terkait hal tersebut diketahui dari tembusan surat yang dilayangkan Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) kepada Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka ihwal rencana penggunaan sejumlah tempat untuk ajang Piala AFF U-16. 

“Untuk AFF U-16, PSSI baru bersurat ke Pak Wali untuk peminjaman tempat di venue utama Stadion Manahan, Stadion Sriwedari. Terus yang satunya Stadion UNS. Terus yang lapangan latihan Kota Barat, Sriwaru, dan Banyuanyar, “ kata Rini, Senin (20/5/2024).

Menurut Rini, sejauh ini kondisi lapangan stadion dan lapangan latihan tersebut masih terbilang baik. “Alhamdulillah, masih bagus. Kami selalu menjaga. Untuk pemakaian kami agak ketat. Jadi, lapangan harus ‘istirahat’, tidak terus-terusan dipakai,” katanya.

Rini mengatakan, pihaknya juga mengosongkan sementara jadwal penggunaan sejumlah stadion dan lapangan latihan tersebut dalam rangka rencana penyelenggaraan ajang Piala AFF U-16. Menurut dia, memang sudah ada yang melakukan reservasi (booking), namun diminta pindah lokasi.

“Pastinya tanggal 21-4 Juli kami tidak menerima event apa pun. Kami khususkan ke-AFF. (Yang reservasi) Sudah ada, tapi kan itu kami bisa geser. Kan kami antisipasi sebelumnya karena sudah dengar Solo akan ada AFF. Yang sudah booking kita blok dulu, jadi belum kita kasih izin, kami minta geser ke lapangan yang lain,” kata Rini.

Untuk persiapan penyelenggaraan Piala AFF U-16 itu, Rini mengatakan, pihaknya masih menunggu kedatangan tim AFF. “Rencana tim AFF akan datang 28-29 Mei ini. Kemarin kan (rencananya) tanggal 12 Mei, ternyata mundur. Kami belum persiapan apa pun, kami tunggu dari tim AFF,” ujar dia.

 

 
Berita Terpopuler