Seorang Calhaj Asal Pemalang Meninggal di Asrama Haji Donohudan

Calhaj asal Pemalang itu dikabarkan mengalami gagal jantung.

Republika/Alfian Choir
(ILUSTRASI) Calon jamaah haji (calhaj) tiba di Asrama Haji Donohudan, Boyolali, Jawa Tengah, Sabtu (11/5/2024).
Rep: Muhammad Noor Alfian Choir Red: Irfan Fitrat

REPUBLIKA.CO.ID, BOYOLALI — Seorang calon jamaah haji (calhaj) asal Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah, meninggal dunia di Asrama Haji Donohudan, Boyolali. Calhaj bernama Daryono Kasrup Limun (70 tahun) itu dikabarkan mengalami gagal jantung.

Baca Juga

Kepala Subbagian Humas Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Solo, Gentur Rachma Indriadi, mengatakan, calhaj yang meninggal dunia itu dari kelompok terbang (kloter) 32 Embarkasi Solo. Menurut dia, jenazah almarhum sudah diserahkan kepada pihak keluarganya dan langsung dibawa ke Pemalang pada Ahad (19/5/2024) malam.

“Kepada almarhum, pemerintah melalui petugas haji Arab Saudi akan dibadalhajikan, sekaligus menerima asuransi sebesar Bipih (Biaya Perjalanan Ibadah Haji),” ujar Gentur, Senin (20/5/2024).

Selain yang meninggal dunia, menurut Gentur, ada empat calhaj yang sudah tiba di Asrama Haji Donohudan dan sakit. Calhaj yang sakit itu disebut ada yang menjalani perawatan di RSUD Pandan Arang Boyolali, RSUD Moewardi, dan RS TNI AU.

Gentur mengatakan, sejauh ini sudah 32 kloter dengan total 11.530 calhaj yang sudah masuk Asrama Haji Donohudan. Adapun yang diberangkatkan ke tanah suci, hingga Ahad (19/5/2024), dilaporkan sudah 29 kloter, dengan jumlah 10.440 calhaj.

Pada Senin ini, Gentur mengatakan, dijadwalkan kedatangan rombongan calhaj dari kabupaten Pemalang, Tegal, Pekalongan, dan Kabupaten Batang, Jateng. Sementara yang diberangkatkan ke tanah suci ada tiga kloter, yaitu kloter 30 dari Kabupaten Tegal, kloter 31 dari Kabupaten Tegal dan Pemalang, serta kloter 32 calhaj dari Kabupaten Pemalang. 

 

 
Berita Terpopuler