Diminta Hanung Bramantyo Belajar Ngaji Lagi, Aghniny Haque Mengaku Susah Sholat-Ngaji

Aghniny Haque main di film Tuhan, Izinkan Aku Berdosa arahan Hanung Bramantyo.

Republika/Umar Mukhtar
Aktris Aghniny Haque pulang ke Semarang, Jawa Tengah untuk belajar mengaji dengan eyangnya.
Red: Reiny Dwinanda

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Aktris Aghniny Haque diminta belajar mengaji lagi oleh sutradara Hanung Bramantyo. Ia menyebut, kemampuan mengaji diperlukannya agar bisa memainkan peran dengan baik dalam film drama berjudul Tuhan, Izinkan Aku Berdosa arahan Hanung.

"Sebelum proses reading, aku disuruh Mas Hanung ke Semarang  (Jawa Tengah) untuk belajar ngaji lagi, benar-benar dari minus," kata Aghniny dalam konferensi pers di Epicentrum, Jakarta Selatan, Jumat (17/5/2024).

Menurut Aghniny, sebelum proses syuting film dimulai, Hanung menyarankannya untuk pergi ke kota kelahirannya, Semarang, serta belajar mengaji lagi. Ia juga diminta menambah pengetahuan tentang agama Islam agar dapat memerankan karakter dengan baik.

Baca Juga

"Terus, ada juga bedah naskah dan belajar tentang mazhab," kata Aghniny.

Aghniny didapuk memerankan karakter Kiran, Muslimah taat yang menghadapi rintangan dalam perjalanan spiritualnya, dalam film Tuhan, Izinkan Aku Berdosa. Dia langsung menerima tawaran peran itu tanpa banyak pertimbangan.

"Senang banget, jujur aku selalu menunggu kesempatan ini, karena aku berharap suatu saat punya peran yang karakternya itu menantang," kata aktris berusia 27 tahun itu.

Sesuai saran Hanung, Aghniny pulang ke Semarang serta mempelajari Alquran, hadist, serta mazhab-mazhab dalam fikih.

"Ikut kajian juga, yang sebelumnya belum pernah aku ikuti, (eyang) sambil nangis, karena aku mau belajar ngaji. Mungkin dia kenal cucunya yang susah sholat, susah ngaji," katanya.

Aghniny bersyukur bisa kembali belajar mengaji. Ia pun merasa dekat kembali dengan Tuhan.

"Luar biasa, ya," kata Aghniny yang pernah menempuh pendidikan S-1 Ilmu Komunikasi di Universitas Semarang.

Film Tuhan, Izinkan Aku Berdosa dijadwalkan tayang di bioskop Indonesia mulai tanggal 22 Mei 2024.

 
Berita Terpopuler