Dahsyatnya Doa Nabi Yunus AS

Banyak keutamaan dan keistimewaan dari doa Nabi Yunus AS.

network /sajada.id
.
Rep: sajada.id Red: Partner

Dahsyatnya Doa Nabi Yunus

SAJADA.ID--Sahabat yang dirahmati Allah SWT. Rasulullah SAW kerap memberikan tuntunan kepada umat Islam untuk senantiasa keluar dan mencari solusi dari setiap ujian dan musibah yang datang. Dan semuanya dimulai dari ketenangan hati dan kelapangan dada.

Bagaimana caranya agar hati senantiasa berlapang dada meski dilanda musibah? Rasulullah SAW memberikan nasehat dan amalan yang dapat dilakukan di kala sedih menerpa. Yakni mengucapkan doa agar senantiasa diberikan kelapangan dada.

Sebagaimana dikutip dari Republika.co.id doa tersebut adalah doa yang pernah dibaca Nabi Yunus AS, yaitu sebagai berikut:

لا إله إلا أنت سبحانك إني كنت من الظالمين 

Latin:La ilaha illa anta subhanaka inni kuntu minazzholimin)."

Terjemah: “Tidak ada Tuhan selain Engkau, Mahasuci Engkau, sesungguhnya Aku termasu orang-orang zalim.”

Hal ini sebagaimana dalam keterangan hadits yang diriwayatkan Imam at-Tirmidzi. Dalam riwayat tersebut Rasulullah SAW bersabda:

إني لأعلم كلمة لا يقولها مكروب إلا فرج الله عنه: كلمة أخي يونس عليه السلام، لا إله إلا أنت سبحانك إني كنت من الظالمين. والحديث رواه الترمذي.

Yang artinya, "Di dalam hadits disebutkan bahwa Nabi SAW bersabda, 'Sesungguhnya aku sangat mengetahui satu kalimat, yang mana tidak mengucapkan kalimat itu, orang yang tengah bersedih, kecuali Allah SWT memberikan kelapangan dan solusi dari kesedihan itu. Yakni kalimat dari saudaraku Yunus AS: (La ilaha illa anta subhanaka inni kuntu minazzholimin)."

(Syahruddin El Fikri/sajada.id)

 
Berita Terpopuler