Menang Telak di Kandang Fulham, Man City Kini Puncaki Klasemen Liga Primer Inggris

Man City mengalahkan Fulham 4-0 untuk menggusur Arsenal dari puncak klasemen.

AP Photo/Kirsty Wigglesworth
Josko Gvardiol dari Manchester City melakukan selebrasi usai mencetak gol ketiga timnya pada pertandingan Liga Primer Inggris melawan Fulham di Craven Cottage, Sabtu (11/5/2024).
Red: Israr Itah

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Manchester City menggusur Arsenal dari puncak klasemen Liga Primer Inggris setelah mengalahkan Fulham 4-0 pada laga pekan ke-37 di Craven Cottage, London, Sabtu (11/5/2024) malam WIB.

Baca Juga

Tiga poin tambahan membuat the Citizens mengoleksi nilai 85 dari 36 laga, unggul dua poin atas Arsenal. City juga masih punya satu laga tunda pekan ke-34 yang belum dimainkan melawan Tottenham Hotspur.

City sudah menguasai permainan sejak awal. Tim asuhan Pep Guardiola dengan nyaman memainkan bola untuk mencoba mencari celah di pertahanan Fulham.

Fulham bermain cukup rapat untuk meredam bahaya. Namun gol justru berawal dari situasi yang sama sekali jauh dari ancaman. 

Permainan kombinasi dari Kevin De Bruyne dan Gvardiol membuat nama terakhir menggiring bola dari sisi kanan pertahanan Fulham. Pergerakan para pemain City memberikan keleluasaan bagi Gvardiol mengiris ke dalam untuk kemudian melepaskan tendangan menyilang menyusur tanah. Kiper Fulham Bernd Leno melompat ke sebelah kanannya, tapi hanya menangkap angin.

City tak bisa menambah gol hingga babak pertama usai. Namun sepanjang laga, tuan rumah hanya bisa mengejar-ngejar pemain City tanpa menciptakan bahaya. Sebaliknya, City punya beberapa kesempatan yang gagal dimaksimalkan menjadi gol.

City kemudian menambah keunggulan pada menit ke-59. Bernardo Silva berputar menjauhi bek kiri Fulham Antonee Robinson, memotong ke dalam dari kanan dan mendorong bola ke jalur lari Phil Foden. Foden langsung menyambutnya dengan melepaskan tendangan first time yang tak bisa dihentikan Leno.

Gol ini membuat Phil Foden menjadi pemain Inggris kedua yang mencetak 25 gol atau lebih untuk City di semua kompetisi dalam satu musim pada era Liga Primer, setelah Raheem Sterling pada musim 2018-19 (25) dan 2019-20 (31).

Keunggulan City membesar pada menit ke-71. Gvardiol mencetak gol keduanya pada laga ini. Berawal dari Bernardo Silva melepaskan umpan melengkung yang indah. Gvardiol ada di tiang belakang untuk menyambut  bola dari sudut sempit untuk membawa City makin menjauh 3-0.

City menggenapkan skor kemenangan pada injury time. Pemain pengganti Julian Alvarez dijatuhkan oleh Issa Diop di dalam kotak dan mendapatkan kartu kuning kedua pada menit kelima injury time. Diop dikeluarkan dari lapangan dan Fulham mendapatkan hukuman penalti.

Alvarez sendiri yang menjadi eksekutor. Ia menunaikan tugasnya dengan baik lewat gol dari titik putih pada menit ke-90+6, menutup kemenangan sempurna City.

Hasil ini membuat Arsenal wajib menang melawan Manchester United dalam laga besok. Sebab jika kalah, City bisa segera memastikan gelar juara lebih cepat dengan kemenangan atas Tottenham Hotspur pada laga tunda pekan ke-34, Rabu (15/5/2024) dini hari WIB.

Klasemen Lima Besar Liga Primer Inggris

Klasemen Liga Primer Inggris - (premierleague.com)

 
Berita Terpopuler